advertisements
advertisements
JATENG MagzRegional

Ada OPD dan Tiga Pemkab di Jateng Peroleh Penghargaan Kelola Manajemen Pemerintahan

×

Ada OPD dan Tiga Pemkab di Jateng Peroleh Penghargaan Kelola Manajemen Pemerintahan

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan manajemen pemerintahan/lembaga terbaik kepada sembilan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan kerjanya. (dok. jatengprov.go.id)

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) memberikan penghargaan manajemen pemerintahan/lembaga terbaik kepada sembilan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan kerjanya.

Penghargaan yang sama juga diberikan kepada tiga pemerintah kabupaten/kota se-Jateng dengan diserahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi JatengSumarno, saat acara Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Jateng 2023 di Grhadhika Bakti Praja, Semarang, Rabu (25/10/2023).

Penghargaan tersebut diharapkan menjadi pelecut OPD dan pemerintah daerah tingkat II lainnya, untuk meningkatkan manajemen pemerintahan lebih efektif.

“Penghargaan ini bentuk apresiasi, karena teman-teman meningkatkan nilai SAKIP, juga pengawasan dari teman-teman kabupaten/ kota, apresiasi motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja pengawasan. Harapannya jadi motivasi di OPD lain, dan kabupaten serta kota lain,” jelasnya.

Seperti diketahui, Pemprov Jateng gencar mengedepankan pola manajemen antikorupsi. Beberapa penghargaan pada manajemen pemerintahan dan antirasuah didapat dari banyak lembaga.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), yang telah didapat sebanyak 12 kali dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)  dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) yang telah mencapai 100%.

Selain itu, Pemprov Jateng juga menerima indeks reformasi birokrasi (RB) dengan predikat A atau 80,31.

Sementara itu, untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Pemprov Jateng memeroleh nilai 81,13 atau predikat A.

Mengenai Monitoring for Prevention (MCP) KPK, Jateng mencapai nilai 95. Nilai ini melampaui dari target yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Adapun, sembilan OPD dan tiga pemerintah kabupaten yang memperoleh penghargaan di ajang Larwasda 2023 adalah sebagai berikut:

SKPD dengan kinerja perangkat daerah terbaik

  1. RSUD Margono.
  2. RSUD Moewardi.
  3. DPMPTSP Jateng.

SKPD dengan kenaikan nilai SAKIP

  1. Bakesbangpol Jateng.
  2. Disporapar Jateng.
  3. Dinsos Jateng.

SKPD dengan nilai manajemen risiko terbaik

  1. Inspektorat Jateng.
  2. Bappeda Jateng.
  3. Disnakkeswan Jateng.

Kabupaten/Kota dengan pengawasan terbaik

  1. Kabupaten Banyumas.
  2. Kabupaten Boyolali.
  3. Kabupaten Cilacap. BIG
Facebook Comments Box