advertisements
advertisements
Teknologi

Aplikasi Simonel Kota Bandung Dimanfaatkan Pemkab Fakfak

×

Aplikasi Simonel Kota Bandung Dimanfaatkan Pemkab Fakfak

Sebarkan artikel ini
Kerja sama sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Monitoring Evaluasi dan Pelaporan Pembangunan (Simonel) di Kabupaten Fakfak di Winder Tuare. (dok. jabarprov.go.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Fakfak dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan kerja sama sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Monitoring Evaluasi dan Pelaporan Pembangunan (Simonel) di Kabupaten Fakfak di Winder Tuare, baru-baru ini.

Tim dari Pemda Kota Bandung dipimpin langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Eric Mohamad Atthauriq.

Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom menerima dan menyambut baik tim Simonel Pemda Kota Bandung yang datang ke Kabupaten Fakfak.

Menurut Yohana, tujuan sosialisasi aplikasi sistem informasi manajemen adalah upaya melakukan monitoring dan evaluasi secara terpadu terhadap pelaksanaan program di lingkup pemerintahan.

Dia menambahkan, Kota Bandung telah mampu menunjukan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahan serta pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Hal itu menjadi suatu kebutuhan dan merupakan upaya strategis yang sangat menentukan keberhasilan program dengan memfokuskan pada efisiensi, efektifitas dan dampak yang dirasakan masyarakat.

Yohana berharap hubungan kerja sama antara Pemkot Bandung dengan Pemkab Fakfak dapat menghasilkan ide, gagasan serta pengalaman baru, termasuk menjadi contoh bagi Kabupaten Fakfak untuk dapat melakukan studi tiru terhadap hal yang telah dilaksanakan oleh Pemkot Bandung.

Dia menjelsakan, sistem ini dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas,dan menekan tingkat penyalagunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi dan nepotisme melalui penerapan sistim pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik.

“Jadi, pelaksanaan monitoring menghasilkan informasi tentang kondisi riil pembangunan dimasyarakat yang dapat dijadikan bahan masukan dan dasar pengambilan keputusan atau kebijakan tentang program dan kegiatan di tahun anggaran berikutnya,” tutur Yohana.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Eric Mohamad Atthauriq menyatakan, Pemda Kota Bandung sangat terbuka untuk kerja sama dengan seluruh daerah di Indonesia.

“Pemkot Bandung sangat bangga jika hal yang dilakukan selama ini bisa menjadi contoh atau ditiru oleh daerah lain. Sehingga tidak hanya bermanfaat untuk warga Kota Bandung tetapi juga untuk daerah lain,” katanya. BIG

Facebook Comments Box