advertisements
advertisements
BANTEN MagzRegional

Bantuan Keuangan untuk Giatkan Pembangunan Desa di Banten

×

Bantuan Keuangan untuk Giatkan Pembangunan Desa di Banten

Sebarkan artikel ini
Penyerahkan Bantuan Sosial dalam rangka Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak Pemprov Banten di halaman Kantor Kecamatan Curugbitung Jalan Raya Maja Koleang, Kabupaten Lebak. (dok. bantenprov.go.id)

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyalurkan Bantuan Keuangan Dana Desa dalam rangkaian Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak.

Dia menuturkan, bantuan keuangan dana desa dari Pemerintah Provinsi Banten terkelola dengan baik, bisa untuk menggiatkan pembangunan desa.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten juga menyalurkan penyaluran listrik, bantuan sosial, bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) permodalan, alat, hingga bahan produksi untuk menggiatkan perekonomian masyarakat desa.

Hal itu diungkap oleh Al Muktabar usai menyerahkan Bantuan Sosial dalam rangka Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak Pemprov Banten di halaman Kantor Kecamatan Curugbitung Jl. Raya Maja Koleang, Kabupaten Lebak, baru-baru ini.

“Kita memberikan Bantuan Keuangan Dana Desa, Rp100 juta untuk setiap desa, juga berbagai bantuan sosial lainnya,” tambah Al Muktabar.

Menurut Al Muktabar, bantuan sosial tersebut sebagai bagian pemerintah hadir. Pihaknya berharap apa yang dipersembahkan kepada masyarakat itu bisa meringankan beban masyarakat dan turut berkontribusi dalam pengendalian inflasi, penanganan stunting, serta kemiskinan ekstrim.

“Komponen yang kita dedikasikan dalam kegiatan ini komplit. Merupakan tugas pokok dan fungsi Provinsi Banten yang diimplementasikan dalam Organisasi Perangkat Kerja Daerah,” jelas Al Muktabar.

Ada usaha ekonomi produktif yang kita dukung peralatan, bahan, juga modal. Komponen itu memungkinkan implementatif di masyarakat.

Al Muktabar berharap usaha ekonomi produktif mampu berkembang. Pasalnya yang diberikan adalah alat atau pancing untuk menghasilkan lebih banyak hasil produksi.

Dia menjelaskan bahwa bantuan yang disalurkan mampu memberdayakan kelompok lingkungan masyarakat. Seperti yang terjadi pada penanganan stunting di tingkat Posyandu. “Menjadikan para ibu-ibu berdaya. Memunculkan aktivitas usaha.”

Al Muktabar menegaskan, hal itu merupakan bagian kontribusi Pemprov Banten dalam menggiatkan pembangunan dari berbagai aspek.

Dalam kesempatan itu, di memaparkan program itu bagian dari pemerintah hadir yang telah disusun dalam perencanaan anggaran untuk dipersembahkan ke masyarakat dengan tujuannya untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat.

“Bantuan berbasis pada usulan masyarakat dari Musrembang tingkat desa hingga pusat. Dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Reformasi Birokrasi Berdampak Tematik, bagian dari bentuk tanggung jawab Pemerintah untuk melakukan pengaturan pembangunan dan pelayanan masyarakat,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sekarwangi, Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak Ahkmad  Hakiki mengucapkan syukur atas bantuan keuangan Pemprov Banten naik menjadi Rp100 juta.

“Bisa untuk penanganan stunting dan meningkatkan sanitasi lingkungan. Kita bisa berbagi untuk membantu sanitasi lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Hal senada diungkap Camat Curugbitung Kabupaten Lebak Endang Subrata. Dirinya sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas bantuan untuk desa.
“Apalagi ada kenaikan dari Rp60 juta menjadi Rp100 juta. Desa sangat membutuhkan,” jelasnya. BIG

Facebook Comments Box