advertisements
advertisements
BANTEN MagzPariwisataRegional

Bupati Serang Resmikan Desa Wisata Curuggoong

×

Bupati Serang Resmikan Desa Wisata Curuggoong

Sebarkan artikel ini
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan Desa Wisata Curugoong, Kecamatan Padarincang pada Rabu (12/12/2023). (dok. istimewa)

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan Desa Wisata Curugoong, Kecamatan Padarincang pada Rabu (12/12/2023).

Desa wisata ini akan menjadi salah satu penyangga wisata Pantai Anyer dan Cinangka.
Ratu mengatakan, hal ini sudah menjadi fokus Pemkab Serang untuk mengembangkan desa wisata.

Menurutnya, sudah ada beberapa desa wisata yang memperoleh Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dia menjelaskan, terdapat tiga desa wisata di Kecamatan Padarincang yang telah diresmikan, yakni Desa Padarincang, Kuda Beureum, dan Curuggoong.

Alhamdulillah destinasi wisata kita bertambah lagi dengan diresmikannya Desa Wisata Curuggoong,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (12/13/2023).

Ratu menambahkan, desa ini menjadi penyangga wisata Anyer-Cinangka yang levelnya sudah nasional.

Para wisatawan yang datang mendapatkan banyak pilihan untuk berwisata di Kabupaten Serang, tidak hanya menikmati keindahan pantai.

“Wisatawan tidak hanya datang kemudian langsung pulang dalam satu hari, tapi mereka bisa lebih lama disini mengunjungi destinasi wisata lain,” ungkapnya.

Ratu menuturkan, pihaknya sudah mengkoneksikan desa wisata dengan perhotelan di Anyer-Cinangka bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). “Jadi tamu hotel itu nanti ditawari paket desa wisata juga.”

Dia menyebutkan bahwa untuk mendukung kelengkapan di Desa Wisata, pihaknya telah menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Seperti soal aksesibilitas jalannya saya minta DPUPR untuk melakukan penanganan,” ujarnya.

Selain itu, Ratu meminta masyarakat untuk aktif ikut serta mendukung pengembangan desa wisata.

“Masyarakat harus dapat menjaga lingkungannya supaya bersih. Dukungan masyarakat itu modal utama untuk pengembangan desa wisata,” kata Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasadya mengatakan, di Desa Curuggoong ada banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi wisatawan, antara lain wisata ekonomi kreatif, air terjun, kebun durian, hingga jembatan gantung terpanjang di Kabupaten Serang.

Menurutnya, Disporapar memastikan akan melakukan pendampingan kepada desa wisata untuk terus berkembang.

“Semua desa wisata akan kami lakukan pembinaan, di Kabupaten Serang banyak bermunculan destinasi wisata baru. Semua telah berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat,” jelasnya. BIG

Facebook Comments Box