advertisements
advertisements
JOGJA MagzRegional

DIY-Sumsel Jalin Kerja Sama Pembangunan dan Pengembangan Potensi Daerah

×

DIY-Sumsel Jalin Kerja Sama Pembangunan dan Pengembangan Potensi Daerah

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemprov DIY) menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemprov Sumatra Selatan (Sumsel) bersamaan dengan Pembukaan Sumsel Expo 2023 di Sleman City Hall, Yogyakarta pada Selasa (25/7/2023). (dok. istimewa)

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemprov DIY) menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemprov Sumatra Selatan (Sumsel) tentang kerja sama pembangunan dan pengembangan potensi daerah.

Kesepakatan bersama antara kedua provinsi ini menjadi awal bagi sinergi program dan pengerahan sumber daya guna mewujudkan kerja sama yang kuat dalam pembangunan dan pengembangan potensi daerah masing-masing.

Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut yang berlangsung pada pembukaan Sumsel Expo 2023 di Sleman City Hall, Yogyakarta pada Selasa (25/7/2023).

Acara tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Ketua Dekranasda DIY GKBRAA Paku Alam sekaligus istri Wakil Gubernur DIY.

Pada kesempatan itu, mewakili Gubernur DIY, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menandatangani kesepakatan bersama antara Pemprov DIY dan Pemprov Sumsel ini bersama Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sumsel, Darma Budhi yang mewakili Gubernur Provinsi Sumsel.

Membacakan sambutan Gubernur DIY, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan, kesepakatan bersama yang ditandatangani bukanlah sekadar sebuah dokumen formal, tapi merupakan landasan dan pedoman yang akan mengikat kedua pihak.

Dalam hal ini yakni melakukan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di kedua provinsi dengan semangat keadilan dan kesetaraan.

“Peningkatan pembangunan dan pengembangan potensi daerah menjadi fokus utama dari kesepakatan bersama ini. Kita akan bekerja bersama-sama dalam mengidentifikasi proyek strategis, program inovatif, dan solusi-solusi berkelanjutan yang mampu memberikan manfaat riil bagi masyarakat. Kita akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan sektor lain yang menjadi pilar-pilar kemajuan daerah,” jelasnya.

Diungkapkan Siwi, sinergi ini merupakan langkah maju bagi kedua provinsi. Keduanya akan terus berupaya menciptakan iklim kerja sama yang kondusif, penuh kepercayaan dan saling menguntungkan.

“Dengan kerja keras, keikhlasan, dan kolaborasi yang sejalan, saya yakin bahwa kesepakatan ini akan menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan pembangunan DIY dan Provinsi Sumatra Selatan. Mari bersama-sama berjuang untuk mewujudkan masa depan yang lebih cerah dan sejahtera bagi seluruh masyarakat di kedua daerah,” jelasnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Siwi turut mengapresiasi penyelenggaraan Sumsel Expo 2023 yang diikuti oleh beberapa tenant dari Sumatra Selatan binaan Dekranasda Provinsi Sumatra Selatan, DIY dan Provinsi Sumatra Selatan ini.

Siwi menuturkan, kegiatan tersebut menjadi bagian dalam mewujudkan kesejahteraan dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Menurutnya, Pemprov DIY dan Pemprov Sumatra Selatan berperan penting, sebagai salah satu pilar utama yang menggerakkan perekonomian dan membangun pondasi yang kuat untuk pertumbuhan berkelanjutan demi mendukung UMKM terus bergerak naik kelas.

Pemerintah dalam beberapa tahun terakhir terus melakukan peningkatan, terkait bagaimana menumbuhkan jiwa interpreneurship yang menjadi salah satu indikator pembangunan.

Pemerintah menargetkan rasio kewirausahaan pada tahun 2024 mencapai minimal 3,95%. Siwi mengungkapkan, hal tersebut merupakan tugas bersama dimana upaya intensif dan khusus diperlukan untuk mewujudkannya, salah satunya seperti melalui penyelenggaraan Sumsel Expo 2023.

“Kami berharap, para pelaku UMKM terus melakukan inovasi, kreativitas, kolaborasi, dan terus menjaga adaptasi yang terus berkembang, menghadapi tataran di ekonomi global,” kata Siwi.

Sementara itu, membacakan sambutan Gubernur Provinsi Sumsel, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sumsel, Darma Budhi menyebutkan bahwa tidak hanya sebagai wahana untuk mengenalkan dan meningkatkan pemasaran produk dan jasa unggulan yang dimiliki oleh Provinsi Sumsel, penyelenggaraan Sumsel Expo 2023 ini merupakan hasil kerja sama yang erat, sekaligus momen penting dalam melanjutkan kerja sama yang telah dibangun dengan Pemprov DIY.

Atas nama Pemprov Sumsel, Darma Budhi pun mengucapkan terima kasih dengan kesempatan untuk memperluas cakupan kerja sama dengan DIY ini yang dinilai memiliki potensi sangat luar biasa.

“Melalui acara expo ini, kami berkomitmen untuk memperkenalkan kekayaan dan potensi yang dimiliki oleh Provinsi Sumatra Selatan kepada masyarakat yang lebih luas, khususnya masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. Kami berharap dapat mempromosikan beragam produk yang berkualitas tinggi serta menawarkan jasa unggulan kepada seluruh pengunjung Sleman City Hall Yogyakarta,” tutur Darma Budhi.

Kerja sama antara kedua pihak ini dikatakan Darma Budhi menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi dan sinergi antar daerah adalah kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan.

Melalui kesepakatan kerja sama yang telah ditandatangani, dia menambahkan, pihaknya berharap dapat saling mendukung dan memperkuat keunggulan masing-masing daerah.

Darma Budhi yakin bahwa melalui kerja sama yang erat, kedua daerah yang bekerja sama dapat mencapai hasil yang lebih baik dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat daerah masing-masing.

Melalui partisipasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dari Sumatra Selatan sebagai peserta pameran, lanjutnyam diharapkan Sumsel Expo 2023 ini dapat memberikan dukungan yang nyata bagi perkembangan UMKM.

“Kami juga berharap, UMKM dapat memperoleh peluang yang baru untuk meningkatkan penjualan serta memperluas jaringan bisnis. Kami pun percaya bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi regional kami. Dengan memberikan mereka platform yang kuat kami dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Darma Budhi.

Adapun usai pembukaan Sumsel Expo 2023, Wakil Ketua Dekranasda DIY GKBRAA Paku Alam dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY meninjau langsung stand-stand yang menampilkan berbagai produk unggulan UMKM dari Provinsi Sumatra Selatan, mulai dari produk makanan seperti tekwan dan pempek hingga produk fesyen.

Gelaran Sumsel Expo 2023 ini diselenggarakan di Sleman City Hall selama tiga hari, mulai tanggal 25-27 Juli 2023. BIG

Facebook Comments Box