advertisements
advertisements
JABAR MagzRegional

DKP Garut Gelar Gerakan Pangan Murah Serentak dengan 290 Titik Lainnya se-Indonesia

×

DKP Garut Gelar Gerakan Pangan Murah Serentak dengan 290 Titik Lainnya se-Indonesia

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Garut yang dilaksanakan di halaman Kantor DKP Garut. (dok. jabarprov.go.id)

Badan Pangan Nasional (Bapanas) meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk salah satunya dilaksanakan di Kabupaten Garut bersama Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Garut.

Kegiatan GPM di Kabupaten Garut dilaksanakan di halaman Kantor DKP Garut dan dihadiri langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan.

Rudy menyatakan, jika melalui GPM ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut ingin menurunkan inflasi, sehingga beberapa komoditas yang dijual dalam kegiatan ini harganya relatif murah dan terjangkau bagi masyarakat karena sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah baik itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) maupun dari Pemkab Garut.

“Jadi artinya bahwa kita ingin menjaga inflasi itu di bawah 4% dan Garut sudah melakukan itu, sekarang inflasi Garut sudah di bawah 4% ya di bulan sekarang ini,” kata Bupati Garut seusai meninjau beberapa komoditas yang dijual di GPM di Halaman Kantor DKP Garut, Senin (26/6/2023).

Salah satu bahan pokok yang disubsidi, lanjut Rudy, yaitu telur ayam di mana harga pasaran sekitar Rp33.000, sedangkan di GPM sendiri dijual dengan harga Rp29.000.

Selain itu, kegiatan GPM ini akan dilanjutkan di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

“Iya bukan di sini aja, nanti dilakukan bersama-sama, kan gerakan itu gerakan di pasar, di kecamatan-kecamatan, di mana kita lakukan ini kan baru kick off,” jelasnya dalam situs jabarprov.go.id.

Menjelang Iduladha, lanjut Rudy, harga relatif terkendali, adapun beberapa bahan pokok seperti daging kambing, domba, sapi hingga ayam memang mengalami kenaikan harga namun tidak terlalu signifikan.

Nah, di Iduladha ini kita sudah melakukan ke lapangan ya, tidak ada kenaikan signifikan sebagaimana Idulfitri, cuman yang harga naik itu adalah kambing, dan domba, serta sapi. Ayam ada kenaikan sedikit, tapi tidak sebagaimana signifikan di Idulfitri, sekarang ini terkendali, stabil semua ya,” ungkapnya.

Kepala DKP Kabupaten Garut Haeruman menuturkan, jika GPM ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi gejolak harga pangan khususnya pangan pokok strategis dan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan.

“Dan hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat yaitu penanganan dampak inflasi yang diakibatkan oleh gejolak harga pangan pokok strategis yang berfluktuasi akhir-akhir ini,” ujarnya.

GPM yang dilakukan launching ini digelar serentak di 342 titik di 301 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Selain itu, lanjut Haeruman, dalam kegiatan ini juga diminta bekerja sama dengan beberapa, seperti Perum Bulog sebagai penyedia beras, Agro Jabar sebagai penyedia minyak goreng, ID Food, Koperasi Produsen Aslupama Jawa Barat, dan Kelompok Tani Binaan DKP sebagai penyedia sayuran dan bahan pangan lainnya.

Haeruman mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan dalam rangka optimalisasi Pelaksanaan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Selain dilaksanakan GPM, lanjutnya, pada kesempatan ini juga dilakukan gerakan olahan pangan lokal, sebagai upaya mengangkat kembali citra berbagai jenis tanaman pangan lokal karbohidrat non beras dan terigu merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk masyarakat.

“Masyarakat diposisikan sebagai pelaku sekaligus sebagai objek dalam pengembangan penganekaragaman konsumsi pangan, sedangkan pemerintah sebagai fasilitator, sekaligus mengatur dan mengawasi keamanan penggunaannya,” tuturnya. BIG

Facebook Comments Box