advertisements
advertisements
Bisnis

Kolaborasi KAI Services dan BNI dalam Pemberdayaan UMKM

×

Kolaborasi KAI Services dan BNI dalam Pemberdayaan UMKM

Sebarkan artikel ini
Produk Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) yang ada di kereta api. (dok. kai)

KAI Services dan BNI melakukan kerja sama dan kolaborasi dalam memberdayakan Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) penyedia makanan ringan atau snack lokal di atas kereta.

Upaya tersebut dalam rangka meningkatkan dan memajukan serta memberikan manfaat ekonomi kepada para pelaku UMKM agar produknya bisa lebih menjangkau pembeli yang lebih luas, serta pemberdayaan usaha skala itu.

Menurut Director of Consumer Business KAI Services Lies Permana Lestari, KAI Services saat ini melalukan inovasi dan kolaborasi, khususnya dengan UMKM mitra binaan BNI yang berorientasi ekspor guna memenuhi pasar kami yang tersebar di pulau Jawa dari Jakarta sampai Banyuwangi.

“Langkah kerja sama itu juga di Pulau Sumatra, dari Tanjung Karang, Medan, Palembang dan Padang. Selain itu, kami melakukan kurasi dari kualitas rasa dan packaging yang menarik,” katanya.

Saat ini, produksi UMKM sudah sangat bagus, dari kualitas rasa yang bervariasi juga packaging yang sangat menarik, sehingga dapat memberikan keunikan bagi produk yang dijual di atas Kereta Api (KA).

KAI Services yang selama ini sangat mendukung dan memiliki komitmen dalam pemberdayaan UMKM bekerja sama dengan UMKM binaan BNI, atau yang dikenal dengan nama BNI Xpora.

UMKM yang digandeng untuk kolaborasi ini adalah UMKM yang telah memasuki pasar-pasar ekspor, seperti ke Jepang, Korea, Eropa, hingga Amerika Serikat.

BNI Xpora merupakan ekosistem UMKM berorientasi ekspor yang mendukung peningkatan potensi UMKM Indonesia agar dapat mengembangkan bisnisnya menuju UMKM Go Productive, Go Digital dan Go Global, serta menjadi layanan bagi para Diaspora Indonesia yang berprofesi sebagai pengusaha di luar negeri.

Safri Hidayat, Division Head Retail Productive Banking BNI menambahkan, BNI Xpora senantiasa berupaya membukakan akses pasar bagi UMKM Binaannya, baik di dalam maupun di luar negeri.

Untuk itu, lanjutnya, BNI Xpora menyambut baik kerja sama dengan KAI Service dalam menyediakan UMKM yang produknya dapat dijual di atas kereta api.

Safri Hidayat berharap kerja sama ini dapat berkelanjutan kedepannya dan semakin banyak varian produk UMKM Binaan BNI Xpora yang bisa dibeli di atas kereta api.

Kerja sama antara KAI Services dan BNI ini dilakukan dalam bidang penyediaan snack lokal khas Indonesia dari beberapa UMKM daerah pilihan.

Adapun produk-produk pilihan dari UMKM ini adalah :

  1. Azaki Tempe Crispy 40G (Produksi PT Azaki Food Internasional, Kota Bogor)
  2. Matoh Cheese 75G (Produlksi PT Pareto Estu Guna, Bojonegoro)
  3. Matoh Sea Salt 75G
  4. Matoh Original Soya 75G
  5. Matoh Ubi Sweet Cinnamon 68G
  6. Bananania Rambak Pisang 40G (Produksi CV Carisa Khansa Pratama, Yogyakarta).
  7. Bananania Pisang Garlic & Sea Salt 45G
  8. Bananania Pisang Coklat 45G
  9. Bunly Mete Bawang Putih 50G (Produksi PT Bunly Abadi Bersama, Makassar).
  10. Bunly Mete Ori 50G
  11. Permen Jahe 45G (Produksi PT Indo Tropikal Grup, Karanganyar).

Para UMKM produsen snack lokal tersebut sangat senang produknya bisa dijual di atas kereta, karena sebelumnya produk tersebut belum pernah dijual di atas kereta.

“Mereka sangat menghargai dan mengapresiasi, bahwa saat ini mereka diberikan kesempatan yang sama untuk dapat memasuki pasar di atas kereta api,” jelasnya.

Kolaborasi KAI Services dan BNI ini juga akan memberikan fasilitas penyediaan produk makanan ringan UMKM binaan BNI pada On Board Service kereta api yang dijalankan oleh KAI Services.

“Nantinya penumpang kereta api dapat membeli produk makanan ringan dari UMKM binaan BNI yang memiliki kualitas ekspor, di atas kereta. Ini tentu saja akan memberikan manfaat ekonomis untuk para pelaku tersebut dan sebagai wujud nyata kami dalam mendukung produk lokal, khususnya dari UMKM unggulan,” jelas Lies Permana Lestari. BIG

Facebook Comments Box