advertisements
advertisements
JABAR MagzRegional

Operasi Pasar Murah Jabar Stabilkan Harga Sembako Jelang Lebaran

×

Operasi Pasar Murah Jabar Stabilkan Harga Sembako Jelang Lebaran

Sebarkan artikel ini
Saat kegiatan Grebek Pasar Soreang untuk memantau harga bahan pokok di Kabupaten Bandung. (dok. jabarprov.go.id)

Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan harga bahan pokok di Pasar Sehat Soreang, Kabupaten Bandung relatif stabil dan sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

Hal itu dikatakan Wagub Jabar saat mendampingi Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga dalam melaksanakan kegiatan Grebek Pasar Soreang yang ada di Kabupaten Bandung, Sabtu (15/4/2023).

Dia menyebutkan bahwa anggaran Rp10 miliar yang dianggarkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk Operasi Pasar Murah berhasil menstabilkan harga bahan pokok menjelang Lebaran ini.

“Sebesar Rp 10 miliar, Pemprov gelontorkan untuk stabilkan harga dalam rangka operasi pasar, dijual harga setengah dari harga umum di pasaran dan terbukti beberapa pasar biasa nya menjelang Idulfitri harga agak naik, sekarang stabil bahkan ada yang turun,” ujar Wagub Uu.

Operasi pasar dilakukan di 27 kabupaten/kota, ada 26 oleh Pemprov Jabar, satu yakni di Bandung Barat dilakukan sendiri oleh Pemda Kabupaten.

“Dari 27 kabupaten/kota, hanya satu yang tidak dilaksanakan oleh Pemprov, yakni Kabupaten Bandung Barat, karena melaksanakan sendiri, jadi Pemprov Jabar mengadakan di 26 kota kabupaten saja,” ungkapnya.

Saat melaksanakan operasi pasar, Wagub Jabar terkesan dengan kebersihan pasar, tata peletakan konter pedagang yang tersusun rapih dan ditempatkan sesuai dengan jenis bahan pokok yang tersedia.

“Saya terkesan Pasar Sehat Soreang ini bersih, rapih, biasanya pasar tradisional terkenal kotor apalagi di bagian ikan, daging dan lainnya biasanya kotor, tapi di sini semuanya bersih dan tertata dengan baik,” jelasnya.

Wagub Uu berharap mudah-mudahan selamanya menjadi bersih dan pasar-pasar di Jabar bisa seperti ini, karena pasar seperti ini layak dijadikan contoh agar pasar tradisional tidak ditinggalkan masyarakat.

Selain itu, Wamedag Jerry Sambuaga menjelaskan, harga bahan pokok relatif turun seperti telur, bawang putih, bawang merah dan minyak goreng yang sesuai HET.

“Artinya, ini langkah pemerintah kita sudah bisa memberi bukti bahwa kita bisa menekan harga dan memastikan ketersediaan aman,” ujarnya.

Wamen Jerry mengungkapkan yang terpenting adalah stok ketersediaan yang selalu ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam membeli bahan pokok.

“Di Pasar Soreang ini, mayoritas turun dan stabil yang paling penting ketersediaannya aman, makanya saya tekankan sekali lagi yang menjadi prioritas kami adalah ketersediaan dan itu yang kita jaga terus,” ungkapnya.

Wamen Jerry mengapresiasi Pemprov Jabar yang selalu mendukung upaya pemerintah pusat dalam menjaga kestabilan harga bahan pokok menjelang Lebaran dan Kementerian Perdagangan siap membantu.

“Menjelang Lebaran yang tinggal beberapa hari ke depan, kita juga bisa menjaga harga itu, karena itu saya berterima kasih kepada Pemprov Jabar, yang selama ini memberikan dukungannya, kami dari Kementerian Perdagangan siap untuk membantu,” katanya. BIG

 

 

Facebook Comments Box