advertisements
advertisements
Transportasi

Peluncuran Buku Pelesir Pelabuhan Laut oleh Dirjen Hubla

×

Peluncuran Buku Pelesir Pelabuhan Laut oleh Dirjen Hubla

Sebarkan artikel ini
Peluncuran Buku Pelesir Pelabuhan Laut, Menyusuri Deru Laut Merajut Kepulauan yang disusun oleh Tim Direktorat Kepelabuhanan. (dok. hublakemenhub)

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi meluncurkan buku Pelesir Pelabuhan Laut: Menyusuri Deru Laut Merajut Kepulauan yang disusun oleh Tim Direktorat Kepelabuhanan saat acara Hub Talks Kontribusi Dunia Usaha dalam Pembangunan Transportasi dan Logistik yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024 di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Sebagai pengantar, Capt. Antoni menyampaikan capaian pembangunan infrastruktur transportasi laut berupa pembangunan dan rehabilitasi pelabuhan selama kurun waktu tahun 2015 sampai dengan tahun 2024.

“Dalam rangka mendorong peningkatan konektivitas nasional, dalam kurun waktu satu dekade (2015 – 2024), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah melakukan pembangunan dan rehabilitasi pelabuhan sebanyak 193 lokasi, meliputi pembangunan pelabuhan baru sebanyak 28 lokasi dan rehabilitasi pelabuhan sebanyak 165 lokasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Capt. Antoni memaknai Hari Perhubungan Nasional sebagai Hari Bakti Insan Transportasi Kepada Negeri yang ditandai dengan peluncuran Buku Atlas Pelabuhan Vol. 1 Pelesir Pelabuhan Laut.

Pada buku perdana ini menyajikan informasi grafis dan spasial pada 59 pelabuhan laut mewakili lokasi di setiap wilayah sesuai dengan pencapaian pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur pelabuhan laut, yang telah dilengkapi dengan nomor register ISBN dari Perpustakaan Nasional.

“Ke depan, akan terus dilakukan keberlanjutan penyusunan Atlas Pelabuhan Volume 2 dan seterusnya sebagai bentuk glorifikasi dan publikasi pemenuhan konektivitas dalam mewujudkan sistem transportasi laut yang lebih efektif dan efisien,” ujar Capt. Antoni.

Selanjutnya, Dirjen Hubla menyerahkan buku secara simbolis kepada Sekjen Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Haris Muhammadun, juga kepada para narasumber Hub Talks, yaitu Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Hartanto, Direktur Usaha Angkutan Barang, Jalan Tol Laut PT Pelni Kokok Susanto, dan CEO Pertamina International Shipping Yoki Firnandi. BIG

Facebook Comments Box