advertisements
advertisements
JABAR MagzRegional

Pemkab Garut Raih Penghargaan pada Harkop ke-77 Tingkat Jabar

×

Pemkab Garut Raih Penghargaan pada Harkop ke-77 Tingkat Jabar

Sebarkan artikel ini
Acara Peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-77 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2024 di Street Carnival Galuh Mas, Kabupaten Karawang. (dok. jabarprov.go.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menerima penghargaan sebagai pemerintah kabupaten/kota yang aktif mendorong perkembangan koperasi dan mendukung kemajuan perkoperasian.

Penghargaan ini diberikan pada acara Peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-77 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2024, yang diadakan di Street Carnival Galuh Mas, Kabupaten Karawang, baru-baru ini.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin menyerahkan penghargaan tersebut kepada Pj Bupati Garut Barnas Adjidin.

Barnas mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan yang harus diikuti dengan langkah-langkah jelas dalam mengembangkan koperasi ke depan agar anggota koperasi lebih sejahtera.

Harkop, lanjutnya, bukan hanya sekadar slogan, melainkan perlu digalakkan di Kabupaten Garut dan penting adanya edukasi untuk daerah-daerah dan lembaga-lembaga agar dapat membentuk koperasi.

“Koperasi dapat menjadi lembaga yang menangkal tindakan merugikan, seperti judi online dan pinjaman online,” kata Barnas.

Dia berharap Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Diskop UKM) Kabupaten Garut dan jajarannya terus mengedukasi masyarakat tentang koperasi.

“Dengan adanya perkembangan yang cepat, koperasi juga harus semakin cepat, tidak kalah oleh kondisi keadaan terkini, saya harapkan koperasi bisa menjadi payung perlindungan bagi warga yang ada di dalam koperasi itu sendiri,” jelasnya.

Gubernur Jabar Bey Machmudin dalam siaran pers Humas Jabar, menyatakan bahwa peringatan Harkop ke-77 Tahun 2024 mencerminkan peran strategis koperasi dalam mempercepat upaya bangsa keluar dari middle income trap.

Menurutnya, koperasi memiliki peran penting dalam mengembangkan ekosistem usaha rakyat dari usaha mikro ke usaha kecil, dan usaha kecil ke usaha menengah.

Koperasi, dia menambahkan, telah menjelma menjadi solusi untuk memberikan kepastian dalam pembelian produk, akses inovasi dan teknologi, kemitraan, maupun permodalan.

Oleh karenanya, Bey berharap lebih banyak koperasi yang mampu menyediakan teknologi dan inovasi untuk mendukung ekosistem usaha yang menjanjikan bagi generasi muda.

“Semangat koperasi harus ditularkan kepada generasi muda untuk menciptakan ekosistem usaha yang lebih menjanjikan,” tuturnya.

Dia menekankan bahwa semakin banyak koperasi yang memberikan solusi dalam inovasi, teknologi, kemitraan, pasar, dan permodalan, semakin cepat UMKM di Indonesia akan naik kelas. BIG

 

 

 

Facebook Comments Box