JATENG MagzRegional

Pemprov Jateng Kembali Ingatkan Dampak El Nino

×

Pemprov Jateng Kembali Ingatkan Dampak El Nino

Sebarkan artikel ini
Kebutuhan air bersih masyarakat saat musim kemarau dengan tersedianya air embung di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah (Jateng. (dok. jatengprov.go.id)

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) kembali mengingatkan pemerintah kabupaten/kota di wilayah ini mengenai dampak El Nino, menyusul peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMGK) saat Indonesia memasuki musim kemarau.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengingatkan terkait potensi El Nino, mulai dari potensi kekeringan, ketahanan pangan dan penyakit yang akan muncul.

“Kalau kekeringan biasanya banyak nyamuk. Maka bersihkan terus, periksa terus, agar bisa sehat. Biasakan juga untuk olahraga setiap hari minimal 30 menit,” ujarnya seusai jalan sehat dan menyapa masyarakat di Alun-alun Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

Terkait dengan dampak kekeringan dan ketahanan pangan, sebelumnya Ganjar mengingatkan tentang diversifikasi pangan dan meminta masyarakat, khususnya ibu rumah tangga, untuk kembali memanfaatkan pekarangan rumah, dengan budi daya tanaman pangan.

“Tapi saya juga mengingatkan karena tadi banyak masyarakat, ibu-ibu, agar di tempat masing-masing menghadapi kekeringan ini kami kasih pesan. Menghadapi El Nino maka pekarangan-pekarangannya musti kita manfaatkan hari ini. Tanami apa saja, sehingga nanti ada apa-apa, pangan kita cukup,” katanya dalam situs jatengprov.go.id.

Selain itu, Ganjar meminta agar lebih banyak memanen air hujan. Air hujan ditampung dan disimpan, agar kemudian dapat dimanfaatkan untuk menghadapi situasi kekeringan dengan bisa untuk irigasi lahan pertanian maupun kebutuhan air bersih.

“Hujannya masih tersisa, coba hujannya dipanen, ditampung, disimpan agar kemudian nanti menghadapi situasi yang sulit, tapi penuh dengan kesiapsiagaan. Badannya sehat, kita bisa menyimpan air untuk air bersih, dan kebutuhan makan bisa terpenuhi mandiri. Pemerintah juga akan menyiapkan untuk jangka panjangnya,” tuturnya.

Saat itu, Gubernur Ganjar juga ikut memeriahkan acara jalan sehat di Kabupaten Grobogan, Jumat (16/6/2023).

Acara itu digelar untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sekaligus Hari Jadi ke-297 Kabupaten Grobogan.

Event itu diikuti puluhan ribu orang. Hadir juga Bupati Grobogan Sri Sumarni, Forkopimda Grobogan, dan anggota DPR Evita Nursanty.

“Saya senang, masyarakat berduyun-duyun dan senang. Ini ulang tahun ke-297 Kabupaten Grobogan. Kita senang karena lagi-lagi ketika kita mengajak anak-anak dan warga ikut jalan sehat antusiasmenya luar biasa. Kata Bu Bupati, 20 ribuan hari ini yang ikut sejak pagi tadi. Maka gemar olahraga ada di mana-mana. Ini investasi yang bagus,” kata Ganjar. BIG

Facebook Comments Box