advertisements
advertisements
Nasional

Polri Beri Penghargaan Kolaborasi Aktif Arus Mudik Lebaran untuk Kemenhub

×

Polri Beri Penghargaan Kolaborasi Aktif Arus Mudik Lebaran untuk Kemenhub

Sebarkan artikel ini
Pemberian Penghargaan Kolaborasi Aktif Pengamanan Arus Mudik dan Arus Balik Operasi Ketupat 2024 dari Kepolisian bersamaan dengan Acara Rakernis Fungsi Lalu Lintas Tahun 2024. (dok. kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meraih Penghargaan Kolaborasi Aktif Pengamanan Arus Mudik dan Arus Balik Operasi Ketupat 2024 dari Kepolisian (Polri).

Penghargaan ini berikan langsung oleh Kapolri Jend. Pol. Listyo Sigit Prabowo kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Acara Rakernis Fungsi Lalu Lintas Tahun 2024 di Yogyakarta, Rabu (12/6/2024).

Menhub menyampaikan apresiasinya kepada Polri, yang telah bekerja sama menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran. “Saya sangat mengapresiasi Kepolisian, khususnya Kakorlantas, yang sudah mampu bekerja sama dengan semua pihak dan pada saat Lebaran.

“Tidak hanya itu, apresiasi kepada Polri yang dapat bertindak tegas namun tetap humanis, sehingga penyelenggaraan arus mudik dan balik berjalan lancar dan nyaman,” ujarnya.

Menurut Menhub, meski sudah berjalan baik, Kemenhub tetap menyampaikan sejumlah evaluasi dan usulan perbaikan dalam penanganan arus mudik dan balik Lebaran.

“Dalam rapat terbatas dengan Presiden, kami merinci apa saja yang harus ditingkatkan pada waktu mendatang, sehingga di waktu mendatang, mudik itu masalah-masalahnya lebih berkurang,” katanya.

Evaluasi ini akan dilakukan di seluruh sektor perhubungan. Beberapa hal yang signifikan untuk dilakukan di sektor darat adalah Kemenhub meminta agar rest area dapat ditambahkan kira-kira menjadi 14 rest area di Pulau Jawa.

Di sisi penyeberangan, Menhub berharap semua sistem sudah berjalan secara elektronik dan terjadwal, sehingga tidak terjadi penumpukan di sekitar pelabuhan penyeberangan, juga menilai perlu dilakukan penambahan pelabuhan di sekitar Merak.

“Untuk sektor laut dan perkeretaapian, kita harus menambah kuota program mudik gratis. Lalu di udara kita minta operator lebih aktif untuk memberikan layanan yang baik,” jelasnya.

Penghargaan yang sama juga diperoleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang diterima langsung oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.

“Terima kasih atas penghargaan ini. Sejak 2021, kita selalu bersama-sama menangani mudik, Polri, Kemenko PMK, dengan Kemenhub dan Kementerian PUPR. Terima kasih atas kerja samanya selama ini, sehingga dari waktu ke waktu penanganan arus mudik Lebaran semakin baik, angka kepuasan masyarakat pun semakin naik,” ungkap Kemenko PMK.

Penghargaan ini menjadi indikator, sekaligus acuan agar pemerintah, kepolisian dan seluruh pihak terkait dapat terus melakukan peningkatan pelayanan dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran. BIG

Facebook Comments Box