advertisements
advertisements
BALI MagzRegional

Renovasi Istana Kepresidenan Tampaksiring Gianyar Bali Selesai September 2024

×

Renovasi Istana Kepresidenan Tampaksiring Gianyar Bali Selesai September 2024

Sebarkan artikel ini
Istana Kepresidenan Tampaksiring Gianyar Bali. (dok. wikipedia.org)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya tengah merenovasi Istana Kepresidenan Tampaksiring di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Renovasi dilakukan untuk memberikan dukungan prasarana dan sarana pelayanan Presiden dan Ibu Negara beserta keluarga yang aman dan berkualitas.

Direktur Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Cakra Nagara mengatakan, pada umumnya kondisi bangunan Istana Kepresidenan Tampaksiring secara virtual masih baik.

Namun, terdapat kerusakan yang terjadi pada bagian arsitektur/finishing seperti cat dinding bercak dan penutup plafon yang rusak akibat adanya kebocoran dan rembesan hujan atap bangunan.

“Kebocoran itu karena penutup atap yang berupa sirap ulin sudah mulai rusak. Kegiatan ini tidak hanya perlu pada bangunan/gedung, termasuk sarana prasarana lingkungan di Istana Kepresidenan Tampaksiring antara lain pagar keliling, jalan aspal, dan lingkungan,” kata Cakra Nagara saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali.

Menurut dia, renovasi dilakukan sejak 29 Desember 2023 hingga 7 September 2024 dengan nilai kontrak fisik sebesar Rp56.950 miliar melalui APBN tahun 2023-2024 oleh Kontraktor Pelaksana PT. Joglo Multi Ayu.

“Saat ini, progres fisiknya telah mencapai 79 % dan ditargetkan akan selesai September 2024,” ungkap Cakra Nagara.

Adapun lingkup pekerjaannya meliputi Wisma Merdeka, Jembatan Persahabatan, Wisma Negara, Wisma Yudhistira, dan Paviliun Yudhistira, Gedung Parikesit, Pendopo Parikesit, Gedung Mess, Wantilan Mess, Pagar Keliling, Jalan Aspal dan Lingkungan, Pekerja SMKK, dan Pekerjaan Persiapan.

Untuk akses menuju ke lokasi, dari pusat Kota Denpasar kurang lebih sepanjang 42 km atau dapat ditempuh  sekitar 1 jam 15 menit dengan menggunakan transportasi darat.

Wakil Ketua Komisi V DPR Roberth Rouw, sekaligus Ketua Tm Kunker Roberth Rouw berharap, agar pekerjaan renovasi Istana Kepresidenan Tampaksiring secepatnya untuk diselesaikan.

“Kami Komisi V DPR berharap, renovasi ini selesai tepat waktu. Sehingga kegiatan kunjungan untuk dukungan layanan VVIP dan kunjungan masyarakat dapat dilaksanakan kembali secara optimal,” jelasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Direktur Bendungan dan Danau Adenan Rasyid, Direktur Bina Teknik Jalan dan Jembatan Yudha Handita Pandjiriawan, Direktur Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya Cakra Nagara, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jawa Timur – Bali Rakhman Taufik.

Hadir pula Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Nusa Penida Muhammad Noor, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Bali Andreas Budi Wirawan, Kepala Balai Penyediaan Perumahan Jawa IV Sultan Sidik Nasution, dan Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Bali Rian Ciptadi. BIG

Facebook Comments Box