advertisements
advertisements
MINANG MagzPariwisataRegional

Road to WIES 2025 Jadi Ajang Promosi Wirausaha Melalui Masjid

×

Road to WIES 2025 Jadi Ajang Promosi Wirausaha Melalui Masjid

Sebarkan artikel ini
Acara pembukaan Road to World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2025. (dok. istimewa)

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar kembali akan menggelar World Islamic Enterpreneur Summit (WIES) 2025 dengan konsep promosi wirausaha melalui masjid.

Hal tersebut diungkapkan Ketua BPPD Sumbar Sari Lenggogeni dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) Sumbar pada Jumat (5/7/2024).

“Benar, kita akan melaksanakan WIES 2025 setelah tahun 2023 tanggal 6-11 September yang lalu. Alhamdulillah, kita Badan Promosi Pariwisata Daerah bersama Pemprov melalui Dinas Pariwisata Provinsi dan Kemenparekraf, saat itu kita berhasil menggaet partisipan lebih dari 20 negara,” ujarnya.

Sari berharap, kegiatan WIES ini nantinya menjadi agenda tetap di Sumbar, terlebih dengan kesuksesan yang dicapai pada penyelenggaraan WIES 2023.

Selain itu, dengan diselenggarakannya Road to WIES 2025 di Masjid Raya, Sari juga berharap kegiatan tersebut akan menjadi starting point bagi masjid-masjid dalam memperluas fungsinya. Tidak hanya untuk beribadah, tetapi juga menjadi tempat pertumbuhan ekonomi Islam.

“Di 2025, untuk temanya mempromosikan wirausaha melalui masjid. Masjid itu bukan lagi keberadaannya yang secara tradisional sebagai dakwah, tempat ibadah, tapi juga sebagai pusat perekonomian, digitalisasi, dan inovasi,” jelas Sari.

WIES memiliki konsep sebagai platform yang menemukan 99% Usaha Menengah, keicl dan Mikro (UMKM) dengan satu persen investor besar dari berbagai negara.

WIES pertama kali diselenggarakan pada tahun 2023 dan mendapatkan respons positif dari berbagai pihak.

Sari berharap kelanjutan dari WIES ini berupa minat investor untuk berinvestasi di Sumbar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dispar Sumbar Luhur Budianda menjelaskan, Road to WIES 2025 dilaksanakan pada Minggu, 7 Juli 2024 di Masjid Raya yang bersamaan dengan peresmian penamaan Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

Acara tersebut akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, sekaligus untuk membuka rangkaian WIES 2025.

“Pada hari Minggu kita mengadakan Road to WIES 2025 yang Insyaallah akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beliau juga akan membuka atau launching World Islamic Enterpreneur Summit 2025, sehingga ini adalah jembatan untuk menuju WIES 2025,” tutur Budi.

Road to WIES 2025 merupakan kegiatan talkshow yang akan dihadiri oleh tokoh-tokoh dari dalam dan luar negeri. Selain Menparekraf, Road to WIES 2025 juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar dan perwakilan dari Masjid Istiqlal Jakarta.

Tokoh dari luar negeri yang akan hadir adalah Manajer Program Pengembangan Industri Halal Departemen Perdagangan dan Industri Filipina, COO dan Co-founder Incitement Malaysia, serta Presiden Direktur MFB and Co. Company dari Arab Saudi yang juga merupakan keturunan dari Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi. BIG

Facebook Comments Box