advertisements
advertisements
Nasional

Sinergi Kolaborasi Bersama Unit Kerja dan Stakeholder dengan BPSDMP Susun Rencana Strategis Komprehensif serta Tepat Sasaran

×

Sinergi Kolaborasi Bersama Unit Kerja dan Stakeholder dengan BPSDMP Susun Rencana Strategis Komprehensif serta Tepat Sasaran

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Kick Off Meeting Renstra BPSDMP Tahun 2025-2029 di Hotel Santika Premier Jakarta. (dok. bpsdmp)

Pembangunan nasional harus diselenggarakan berdasarkan demokrasi dengan prinsip-prinsip kebersamaan, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, serta kemandirian dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan nasional sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Subagiyo saat membuka secara resmi kegiatan Kick Off Meeting Renstra BPSDMP Tahun 2025-2029 di Hotel Santika Premier Jakarta.

“Dalam perencanaannya, rencana strategis harus disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan yang sangat mungkin terjadi,” jelasnya.

Salah satu misi Kementerian Perhubungan adalah mewujudkan SDM transportasi yang unggul, berkarakter dan berdaya saing baik di lingkup nasional maupun internasional.

“Guna mendukung misi tersebut, BPSDMP telah menyusun sebuah Rancangan Arah Kebijakan dan Strategi Implementasi yang merangkum berbagai isu, di antaranya Megatren 2045, isu-isu strategis bidang transportasi dan kebutuhan akan pengembangan SDM yang handal di bidang transportasi,” katanya.

Rencana Strategis BPSDMP berisikan lima arah kebijakan penting, yaitu, Penyelenggaraan Diklat Vokasi yang berkualitas dan Pengembangan SDM Transportasi yang profesional.

Selain itu, Penyediaan Sarana dan Prasarana Diklat yang Berkelanjutan, Penyesuaian Kelembagaan Diklat yang Adaptif dan Terintegrasi, serta Penguatan Kerja Sama Pentahelix antara Akademisi, Pengusaha, Masyarakat, Pemerintah, serta Media.

“Saya harap Penyusunan Renstra BPSDMP Tahun 2025-2029 ini dapat menampung berbagai masukan, tanggapan, saran, serta solusi yang mampu menjawab berbagai tantangan dan peluang yang akan dihadapi terutama dalam pengelolaan SDM transportasi,” tuturnya.

Sinergi kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan, baik industri transportasi, asosiasi profesi dan masyarakat diperlukan untuk dapat menghasilkan Renstra BPSDMP yang komprehensif, tidak hanya sejalan dengan RPJPN, serta RPJMN, tetapi juga tepat sasaran, link and match dengan kebutuhan.

“Saya berharap semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini serta semangat kebersamaan dan dedikasi yang tinggi dapat menghasilkan kualitas SDM transportasi yang cerdas, tangguh, berkepribadian unggul, berdaya saing global, dan berkontribusi terhadap kemajuan sektor transportasi Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris BPSDMP Capt. Wisnu Handoko menegaskan, proses penyusunan Rencana Strategis BPSDMP ini telah dimulai sejak tahun lalu dan didampingi oleh Bappenas.

Kick off meeting ini merupakan langkah awal untuk memberikan update dan gambaran terkait kondisi SDM transportasi saat ini, tantangan dan target yang akan dicapai bersama.

“Harus ada suatu kolaborasi dan sinergi, melalui kick off meeting ini kita ingin dapat mengakomodir semuanya, walau tidak mudah, tetapi kita harus mencoba berbagai pendekatan dan mengusahakan untuk menggunakan data primer yang valid,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini pihak-pihak penting dari Kementrrian Perhubungan, Bappenas dan stakeholders, baik dari BUMN maupun swasta. BIG

Facebook Comments Box