advertisements
advertisements
BANTEN MagzRegional

TP PKK Provinsi Banten Hadirkan Sekolah Online Untuk Kader Tangani Stunting

×

TP PKK Provinsi Banten Hadirkan Sekolah Online Untuk Kader Tangani Stunting

Sebarkan artikel ini
Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten Tine Al Muktabar. (dok. bantenprov.go.id)

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten Tine Al Muktabar mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) menghadirkan Kelas Online melalui Massive Open Online Courses (MOOCs) untuk para kader PKK Provinsi Banten.

Sekolah online yang sudah dimulai sejak Kamis, 6 April 2023 itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para kader PKK dalam pendampingan percepatan penanganan stunting di Provinsi Banten.

“Ada dua modul yang kita tayangkan dalam platform digital itu, Modul Peduli Stunting dan Modul Smart Parenting,” ujarnya di Gedung TP PKK Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Rabu (12/4/2023).

“Saat ini, kader PKK Provinsi Banten yang teregistrasi di sekolah online sudah sekitar 5.900 orang,” jelasnya.

Menurut Tine Al Muktabar, TP PKK Provinis Banten membuat sekolah online berbasis MOOCs, karena sekolah model ini bisa diakses oleh kader kapan pun dan di mana pun sesuai dengan kemampuan para kader.

Model MOOCs sangat fleksibel tidak seperti sekolah formal dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Sekolah online bisa menyesuaikan dengan kondisi para kader PKK Provinsi Banten, sehingga efektif dan efisien.

Sekolah ini kelanjutan dari tahun lalu dan sudah meregistrasi atau menyelenggarakan sekolah online yang diikuti oleh 1.080 kader PKK, khusus di 90 lokus stunting.

Tahun ini, dia menambahkan, dibuka untuk seluruh kader PKK Provinsi Banten yang sampai ini sudah hampir 5.900 orang.

“Kenapa kita buka dua MOOCs, Peduli Stunting dan Smart Parenting, karena kita akan fokus mendampingi keluarga-keluarga dengan anak yang mengalami stunting, sehingga kadang-kadang harus memiliki kapasitas informasi tentang stunting dan apa pun yang harus dimonitor selama proses pendampingan keluarga stunting,” tuturnya dalam situs bantenprov.go.id.

Kuncinya, Tine menambahkan, selain pemberian nutrisi protein berbasis hewani, maka untuk mengejar ketertinggalan penurunan fungsi intelektual atau kecerdasan, maka harus ada terapi khusus dalam stimulasi anak-anak stunting, khususnya stimulasi parenting.

Modul Smart Parenting akan memberi pengetahuan para kader bagaimana caranya menstimulasi kecerdasan anak-anak, sehingga bisa mengoptimalkan pertumbuhan atau fungsi dari otaknya.

“Ini sebagai bekal karena pengetahuan atau kapasitas kader di Provinsi Banten memiliki rentang usia dan latar belakang pendidikan dari SD sampai S1. Dengan sekolah berbasis MOOCs ini bisa untuk siapa aja,” jelasnya.

Sekolah online Kader PKK Provinsi Banten berlangsung sejak Kamis, 6 April 2023 hingga akhir Mei mendatang. BIG

 

Facebook Comments Box