advertisements
advertisements
JATENG MagzRegional

Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Taman Balekambang Solo

×

Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Taman Balekambang Solo

Sebarkan artikel ini
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meresmikan revitalisasi Taman Balekambang Surakarta atau Taman Balekambang Solo di Jawa Tengah. (dok. istimewa)

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan revitalisasi kawasan Taman Balekambang Surakarta atau Balekambang Solo, Jawa Tengah dan berpesan agar pemerintah kota (pemkot) setempat dan warga sama-sama menjaga taman tersebut.

Dalam peresmian ini, Wapres didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, hingga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Tengah, yang digelar di Taman Balekambang, Kamis (25/7/2024).

Ma’ruf menekan tombol sirene dan penandatanganan prasasti tanda Taman Balekambang diresmikan hari ini.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Proyek Penataan Kawasan Taman Balekambang, saya resmikan,” ujar Wapres.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin menyatakan, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu modal utama untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Menurutnya, ketersediaan infrastruktur diyakini mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan.

“Untuk itu, pembangunan infrastruktur telah menjadi salah satu prioritas utama pemerintah. Infrastruktur tidak hanya semata-mata tentang pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan, dan bendungan, namun juga pembangunan permukiman,” kata Wapres.

Dia menjelaskan, kehadiran infrastruktur permukiman yang tertata, berkualitas dan berkelanjutan diharapkan dapat memberikan manfaat langsung bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Hal ini juga penting demi menjamin hak dan akses setiap warga negara atas lingkungan yang baik dan sehat.

“Sebagai upaya memenuhi hak ini, pemerintah terus berkomitmen mengembangkan infrastruktur hijau di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu contohnya adalah pembangunan kawasan hijau dan ruang terbuka hijau di daerah perkotaan,” jelasnya.

Wapres menegaskan bahwa komitmen dan kesungguhan negara dalam menyediakan ruang terbuka hijau (RTH) bagi masyarakat dapat dilihat di Kota Surakarta ini.

Taman seluas 12,8 hektare ini tentunya tidak hanya berfungsi sebagai RTH, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat edukasi dan pusat kegiatan seni, serta kebudayaan lokal.

“Kehadiran Taman Balekambang diharapkan dapat berperan penting dalam menjaga ekologis dan kelestarian lingkungan, serta mampu menjadi daya tarik wisata baru bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Dengan demikian, taman ini tentunya akan membawa manfaat yang signifikan bagi masyarakat, lingkungan, dan perekonomian,” tuturnya.

Wapres menyebutkan, keberadaan Taman Balekambang sejatinya merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat, nyaman dan berkelanjutan. Oleh karena itu, dia berpesan agar taman ini dipelihara dan dirawat secara rutin.

“Pemerintah daerah selaku pengelola Taman Balekambang harus memastikan agar taman ini terus dirawat dan dipelihara dengan baik. Kebersihan, kenyamanan, dan keamanan pengunjung harus menjadi prioritas utama. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat taman ini,” katanya.

Wapres meminta taman ini dijadikan sebagai pusat edukasi lingkungan bagi masyarakat, terutama anak-anak untuk meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan dan merawat tanaman yang ada di sekitarnya.

“Selain itu, optimalkan taman ini menjadi pusat berbagai aktivitas warga, mulai dari kegiatan sosial, olahraga, kesenian, dan budaya, agar turut mendukung terwujudnya masyarakat yang cerdas, sehat, dan berbudaya. Libatkan UMKM mengisi gerai yang ada, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya.

Kemudian, dia meminta agar terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi multipihak dalam pengembangan infrastruktur hijau yang berkelanjutan.

Ma’ruf juga mengajak seluruh pihak, baik pemerintah daerah, masyarakat, badan usaha, lembaga pendidikan, dan komunitas untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam pemanfaatan taman ini.

“Ke depan, pembangunan infrastruktur hijau serupa perlu terus dipacu di berbagai kota di Indonesia. Hal ini tentu memerlukan perencanaan dan sinergi antara pusat dan daerah,” tegasnya.

Menurut Ma’ruf, demi mengakselerasi pertumbuhan infrastruktur hijau ini, kemitraan pemerintah dan swasta juga perlu terus ditingkatkan dalam proses pembangunan dan pengelolaannya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR dan seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam menyelesaikan proyek penataan kawasan Taman Balekambang ini. BIG

 

 

Facebook Comments Box