advertisements
advertisements
Pendidikan

Bon Voyage Gabungan Jadi Ajang Promosi Museum Transportasi

×

Bon Voyage Gabungan Jadi Ajang Promosi Museum Transportasi

Sebarkan artikel ini
Upacara Pelepasan Perwira Transportasi lulusan Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta dan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten. (dok. kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan menyelenggarakan Upacara Pelepasan Perwira Transportasi lulusan Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta dan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten.

Prosesi pelepasan dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono.

Berbeda dengan upacara pelepasan sebelumnya, pada kali ini Upacara Pelepasan Perwira Transportasi dilaksanakan di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah TMII), Jakarta pada Senin (12/6/2023).

Upacara Pelepasan Perwira Transportasi atau biasa disebut Bon Voyage kali ini merupakan kolaborasi antara dua kampus di lingkungan BPSDM Perhubungan, dengan penyelenggaraannya dilaksanakan di Museum Transportasi.

Kepala BPSDMP berharap dengan adanya penyelenggaraan ceremony seperti ini dapat mempromosikan Museum Transportasi kepada masyarakat.

Bon Voyage kali ini mengusung tema “Mewujudkan Perwira Transportasi Laut Profesional dalam Mendukung Pembangunan Transportasi Yang Berkelanjutan”.

Tema ini sejalan dengan upaya untuk mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia Emas melalui implementasi ilmu dan kompetensi dari para Perwira Transportasi.

“Tema ini mengisyaratkan para peserta Bon Voyage dapat mengimplementasikan ilmu dan kompetensinya bagi pengembangan dunia maritim yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman,” jelasnya.

Menurut Djoko, tema ini juga mendukung Rencana Pembangunan Jangka Panjang 2020-2024 Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul menuju Indonesia Emas.

Lebih jauh, Kepala BPSDMP menjelaskan bahwa saat ini Indonesia menjadi salah raksasa ekonomi dunia dan menjadi contoh negara yang konsisten mempertahankan pertumbuhan ekonomi tetap tinggi.

Bahkan, lanjutnya, pada tahun 2023, Menteri Keuangan menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh antara 5,1% hingga 5,3%.

“Indonesia membutuhkan saudara semua untuk terus melangkah maju agar supaya menjadi bangsa yang besar bangsa yang maju seperti yang kita impikan, pelaut menjadi salah satu penentu untuk kita bisa sampai ke sana,” kata Doko.

Pada akhir sambutannya, Kepala BPSDMP berpesan kepada para Perwira Transportasi untuk berperan aktif dalam menghadapi perkembangan dan transformasi sektor perhubungan, karena para Perwira Transportasi memiliki peran penting untuk membawa perubahan positif untuk mewujudkan pembangunan transportasi yang berkelanjutan.

“Saya minta perwira transportasi wajib menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, integritas dan tanggung jawab. Jadilah pelaut yang beretika, berperilaku baik, dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Perhubungan di Indonesia. Jadilah Pelaut Unggul, Pelaut ber-Prestasi. Bon Voyage!,” tegasnya.

Direktur Poltekpel Banten Moejiono menyatakan, upacara Bon Voyage kali ini diikuti sebanyak 887 peserta, yang berasal dari lulusan dua kampus Kemenhub, yaitu BP3IP Jakarta dan Poltekpel Banten, yang terdiri dari lulusan Diklat Pelaut tingkat III sebanyak 27 orang, Diklat Pelaut tingkat IV sebanyak 549 orang, dan Diklat Pelaut tingkat V sebanyak 311 orang.

“Lulusan Program Diklat Tingkat III, IV, dan V telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai IMO Model Course 7.03 dan 7.04 dengan sistem dan metode pembelajaran sesuai lama diklat masing-masing yang mencakup empat kriteria, yaitu kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap, serta kompetensi untuk siap menghadapi perubahan,” tuturnya. BIG

Facebook Comments Box