advertisements
advertisements
BisnisJAKARTA MagzLifestyleNasional

Chandima Wijekoon Harapkan Transformasi Digital Terjadi Di Seluruh Indonesia

×

Chandima Wijekoon Harapkan Transformasi Digital Terjadi Di Seluruh Indonesia

Sebarkan artikel ini

Kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya pembatasan kegiatan masyarakat membuat pembicaraan mengenai teknologi digital, bisnis digital, maupun semua hal yang dibutuhkan dapat mengurangi berhubungan atau bersentuhan dengan manusia semakin gencar.
Menurut Country Director Axiata Digital Labs Chandima Wijekoon, kondisi pandemi membuat digital transformation muncul ke permukaan atau ke masyarakat.
“Jadi, meskipun banyak usaha atau perusahaan yang melakukan usahanya secara manual, tapi mereka mulai beralih atau membicarakan transformasi digital. Dari situ juga, digital business atau IT business mulai banyak dibahas,” ujarnya.
Chandima berharap transformasi digital dapat terjadi di seluruh Indonesia, mengingat perubahan ini lebih banyak terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Pria asal Srilanka ini berharap bisa melakukan transfer digital journey ke wilayah lain, karena pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan ekonomi maupun sosial.
“Transformasi digital memberikan keuntungan dalam efektifitas waktu maupun produktifitas. Akan tetapi, kita juga harus paham alat ataupun fasilitas yang digunakan. You need to understand your business, your current business context, and how to make value creation through digital transformation,” ungkapnya.
Chandima menegaskan, salah satu hal yang harus dilakukan yaitu meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap IT dan digital, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia bisa bersaing secara global, seperti SDM India yang kini banyak menyumbangkan tenaga kerjanya untuk industri IT di seluruh dunia.
“Jadi, SDM Indonesia juga bisa menyumbangkan devisa negara dari sisi industri IT, bukan hanya dari asisten rumah tangga untuk pasar tenaga kerja internasional,” jelasnya.
Indonesia bisa mengirimkan SDM yang lebih profesional lagi untuk pasar internasional, karena harapannya juga bisa mendukung kestabilan kehidupan masyarakat Indonesia.
“Memang hal ini tidak dapat terjadi dalam waktu cepat, tapi setidaknya bisa dikerjakan secara bertahap. Ini yang juga dikerjakan oleh Axiata Digital Labs. Bahkan, saya berbicara dengan CEO dan para direktur untuk melakukan ekspansi ke luar Jakarta, seperti membuat development hub, karena melihat potensinya yang besar,” tuturnya.

Facebook Comments Box