advertisements
advertisements
JABAR MagzRegional

Dekranasda KBB Raih Tiga Penghargaan pada Pekan Kerajinan Jabar 2023

×

Dekranasda KBB Raih Tiga Penghargaan pada Pekan Kerajinan Jabar 2023

Sebarkan artikel ini

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) berhasil meraih tiga penghargaan dari tiga kategori berbeda pada helaran Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) tahun 2023 yang digelar oleh Dekranasda Jawa Barat (Jabar) di pelataran Gedung Sate Bandung, Sabtu (8/7/2023).

Tiga penghargaan itu sebagai Juara 1 Lomba Helaran kab Kota Provinsi Jawa Barat, Juara 1 Kriya Terbaik Berbahan Baku Batu-batuan dan Juara 2 Kategori Pembina Teladan Dekranasda untuk Ketua Dekranasda KBB, Sonya Fatmala.

Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengatakan bahwa penghargaan tersebut ditorehkan oleh Dekranasda KBB dan dapat terwujud berkat kerja keras seluruh Perangkat Daerah (PD) bekerja sama dengan para pelaku ekonomi kreatif Bandung Barat.

“Ini adalah satu bentuk kekompakan serta kolaborasi yang telah kami lakukan selama ini, sehingga dapat menorehkan berbagai prestasi terbaik dan mengalahkan 26 kabupaten kota lainnya di Provinsi Jawa Barat,” kata Hengki Kurniawan.

Prestasi ini juga sebagai bukti bahwa Dekranasda KBB yang diketuai Bunda Sonya Fatmala benar-benar telah hadir dan berhasil melakukan pembinaan kepada para pengrajin, serta pelaku ekonomi kreatif, sehingga dapat terus menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang lebih baik dari waktu ke waktu.

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Dekranasda KBB,” jelasnya.

Seluruh penghargaan yang diraih dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Bandung Barat.

Dia berharap, prestasi yang telah diraih ini, membuat sektor ekonomi kreatif di KBB dapat terus berkembang.

Dekranasda juga akan terus mendorong para generasi muda untuk terus berkarya dan melahirkan kreatifitas terbaiknya agar dapat turut berkontribusi untuk Bandung Barat.

Ketua Dekranasda KBB Sonya Fatmala menyatakan, pihaknya telah melakukan berbagai inovasi pembinaan kepada perajin di Bandung Barat.

Mulai dari menciptakan ekosistem pertumbuhan ekonomi kreatif, pengembangan kegiatan kriya dan menyerap aspirasi para perajin.

Sampai saat ini, Dekranasda tetap solid dan kompak untuk terus berkolaborasi, baik dengan pemerintah daerah maupun dengan para pengrajin.

“Dan hasilnya pun banyak produk-produk kita bisa bekerjasama di antaranya dengan pihak luar, salah satunya IKEA Kota Baru Parahyangan. Saya berharap, ekosistem seperti ini bisa terus bertumbuh,” tuturnya.

Sonya menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendorong potensi kriya di Bandung Barat agar dapat terus berinovasi, berkreasi dalam mengembangkan hasil produk kriya.

Apalagi, selama ini ia juga secara rutin mengunjungi para pelaku melalui program Ngabaso Urat (Nganjang Pengrajin Bareng Teh Sonya Untuk Bandung Barat).

“Selama saya turun langsung ke perajin, dapat melihat langsung berbagai aktifitas dan hasil karya para perajin. Potensinya sangat luar biasa sekali,” jelasnya.

Maka dari itu, selain memperbanyak pameran dan membuat event bersama masyarakat, Dekranasda KBB uga akan turut membantu mereka mempromosikan kreasinya melalui berbagai sosial media. BIG

Facebook Comments Box