advertisements
advertisements
BALI MagzRegional

Disperindag Denpasar Gelar Operasi Pasar Jelang Natal dan Tahun Baru

×

Disperindag Denpasar Gelar Operasi Pasar Jelang Natal dan Tahun Baru

Sebarkan artikel ini
Saat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar menggelar Operasi Pasar Murah, yang dipusatkan di halaman Kantor Perbekel Desa Sanur Kauh, baru-baru ini. (dok. denpasarkota.go.id)

Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Denpasar menggelar Operasi Pasar Murah, yang dipusatkan di halaman Kantor Perbekel Desa Sanur Kauh, baru-baru ini.

Kadis Perindag Kota Denpasar Nyoman Sri Utari mengatakan, pelaksanaan operasi pasar murah sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan inflasi di Kota Denpasar, terlebih menjelang hari besar keagamaan dan tahun baru.

Pada November 2023, Kota Denpasar tercatat mengalami inflasi setinggi 0,33% yang ditunjukkan dengan kenaikan harga konsumen (tahun dasar 2018=100) dari 115,10 pada Oktober menjadi 115,48 pada Nopember 2023.

Sementara itu, tingkat inflasi tahun kalender (year to date/ytd) dan tingkat inflasi tahun ke tahun (November 2023 terhadap November 2022 atau year to year/yoy) tercatat setinggi 2,04% dan 2,51%.

“Oleh karena itu, perlu dilakukan strategi untuk menekan laju inflasi salah satunya dengan melaksanakan pasar murah. Pemerintah Kota Denpasar akan menyasar Desa/Kelurahan untuk pelaksanaan pasar murah sebagai salah satu upaya untuk menekan laju inflasi. Pasar murah akan dilakukan melalui program Sewaka Mart milik Perumda Pasar Sewaka Dharma,” ujarnya.

Pelaksanaan pasar murah dititikberatkan pada komoditas penyumbang inflasi, seperti cabai, bawang merah dan kebutuhan pokok lainnya. Untuk harga, di bawah harga para pedagang atau di bawah harga pasar.

Dengan pasar murah, diharapkan harga bumbu seperti bawang putih bisa segera stabil dan kembali keharga normal.

Untuk memudahkan masyarakat mengetahui informasi pelaksanaan pasar murah, sehari sebelumnya informasi akan disampaikan melalui media cetak, media online dan media sosial Pemkot Denpasar serta melalui media massa lainnya.

Adapun jadwal pasar murah, yakni Kamis, 7 Desember 2023 pukul 08:00 hingga selesai di Halaman Depan Kantor Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan, lalu Jumat, 8 Desember 2023 pukul 08:00 hingga selesai di Gereja Katedral, Desa Sumerta Kelod, Denpasar Timur.

Selanjutnya, Rabu pada 13 Desember 2023 pukul 08:00 hingga selesai di lapangan Pameran Banjar Tengah Kelurahan Sesetan, Denpasar Selatan, pada Kamis, 14 Desember 2023 pukul 08:00 hingga selesai di Halaman Parkir Kerta Wijaya, Kelurahan Dauh Puri, Kecamatan Denpasar Barat.

Kemudian, pada Jumat, 15 Desember 2023 pukul 08:00 hingga selesai di Halaman Depan Kantor Desa Dauh Puri Kelod, Denpasar Barat dan pada Senin, 18 Desember 2023 pukul 08:00 hingga selesai di lapangan Fasos Fasum Banjar Tegal Kori Kaja, Desa Ubung Kaja,  Kecamatan Denpasar Utara.

Lalu, pada Selasa, 19 Desember 2023 pukul 08:00 hingga selesai di Terminal Tegal, Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat dan pada Kamis, 21 Desember 2023 pukul 08:00 hingga selesai di Gereja Jemaat Kasih Kudus Jalan Sutomo, Desa Pemecutan Kaja, Denpasar Utara. BIG

Facebook Comments Box