JATENG MagzRegional

Festival Balon Udara Wonosobo Dalam Pengawasan Ditjen Hubud

×

Festival Balon Udara Wonosobo Dalam Pengawasan Ditjen Hubud

Sebarkan artikel ini

Festival balon udara yang ditambatkan digelar secara meriah di Alun-alun Wonosobo, Jawa Tengah, sekaligus menjadi puncak acara Festival Mudik 2023 pada Minggu (30/4/2023).

Acara ini juga sebagai sosialisasi terhadap Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 40 Tahun 2018 tentang Penggunaan Balon Udara Pada Kegiatan Budaya Masyarakat.

“Pengawasan kami lakukan melalui para Inspektur Navigasi Penerbangan dan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya dalam memastikan seluruh balon udara ditambatkan dan sesuai dengan peraturan berlaku,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni.

Puncak acara yang menghadirkan 30 komunitas balon udara ini merupakan babak final kompetisi yang telah digelar sebelumnya dari berbagai tempat di Kabupaten Wonosobo.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) bersinergi bersama AirNav Indonesia dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo dalam memberikan wadah kepada komunitas balon udara agar melestarikan tradisi, tapi tetap mematuhi aturan agar keselamatan dan keamanan penerbangan tetap terjaga.

“Balon udara yang diterbangkan secara liar sangat berbahaya, karena dapat mencapai ketinggian terbang pesawat. Balon berpotensi masuk ke dalam engine pesawat maupun menutupi bagian pesawat yang dapat mengancam keselamatan penerbangan,” ungkap Kristi.

Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, terdapat banyak laporan dari para pilot bahwa balon udara mencapai ketinggian jelajah pesawat udara.

Selain itu, lalu lintas penerbangan di atas Pulau Jawa amat sangat padat pada saat arus balik karena dilalui oleh ratusan pesawat udara setiap harinya.

Edukasi kepada masyarakat akan terus dilakukan agar seluruh pihak dapat bersama-sama menjaga keselamatan penerbangan.

Tidak hanya bertujuan untuk mengurangi balon udara liar, festival balon udara ini juga diharapkan dapat memulihkan perekonomian daerah pascapandemi untuk bangkit, tumbuh dan berkembang. BIG

Facebook Comments Box