advertisements
advertisements
Internasional

Pemkab Bogor dan Korsel Revitalisasi Eks TPA Pondok Rajeg Jadi Hutan Kota

×

Pemkab Bogor dan Korsel Revitalisasi Eks TPA Pondok Rajeg Jadi Hutan Kota

Sebarkan artikel ini
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan dan Duta Besar Korea Selatan (Korsel) Lee Song Deok. (dok. bogorkab.go.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Pemerintah Korea Selatan (Korsel) melalui Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama dengan Duta Besar Korea Selatan (Korsel) dan Yayasan Korindo melakukan penanaman pohon di Eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg Cibinong seluas 7 hektare, Kamis (15/6/2023).

Iwan Setiawan menargetkan membangun satu hutan kota setiap tahunnya, untuk menjaga keseimbangan ekosistem di Kabupaten Bogor.

Menurutnya, Hutan Kota Pondok Rajeg Kabupaten Bogor memiliki peran dan fungsi yang strategis di lingkup regional Jabodetabek sebagai sumber resapan air. Oleh karena itu, lanjut Iwan, pihaknya menargetkan untuk membangun satu hutan kota setiap tahunnya.

“Kami berupaya membangun banyak hutan kota, untuk menjaga keseimbangan ekosistem, menghasilkan udara yang bersih, menjaga ketersediaan air tanah, mengurangi resiko banjir sekaligus menciptakan keteduhan keindahan dan tempat rekreasi bagi masyarakat,” tuturnya dalam situs bogorkab.go.id.

Perlu diketahui, Pemkab Bogor juga telah membangun Hutan Kota Pakansari seluas 2,39 hektare hasil kerja sama dengan pihak Korindo Foundation yang terjalin sejak tahun 2019, dan telah diresmikan secara langsung oleh Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, pada Januari 2023.

Pemkab Bogor juga ke depannya berencana akan kembali membangun Hutan Kota Tegar Beriman seluas 2,7 hektare dan Hutan Kota Cibinong seluas 3 hektare.

Pada kesempatan yang sama, Iwan  juga menyatakan terima kasih dan apresiasi kepada Korindo Group yang telah konsisten berkontribusi mendukung pembangunan daerah Kabupaten Bogor, melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua perusahaan yang telah melaksanakan program CSR di Kabupaten Bogor. Besar harapan kami ke depan Yayasan Korindo dapat terus mendukung program pembangunan lainnya di Kabupaten Bogor misalnya di bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, infrastruktur, pengembangan ekonomi, pembangunan olahraga dan lainnya,” jelasnya.

Selanjutnya, Ketua Yayasan Korindo Robert Seung menambahkan, revitalisasi kawasan Eks TPA Pondok Rajeg Cibinong seluas 7 hektare merupakan kolaborasi antara Yayasan Korindo dengan Pemkab Bogor, bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korsel dengan Indonesia.

Kolaborasi ini, lanjutnya, bukan yang pertama kali karena sebelumnya juga telah dilakukan Green Collaboration, yakni penghijauan hutan kota di Pakansari pada tahun 2019.

“Melalui kegiatan ini, dapat mempererat kerjasama antara Yayasan Korindo dengan Pemkab Bogor yang telah terjalin dengan baik, sehingga kami ke depannya bisa lebih banyak membangun hutan kita baru di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Kemudian, Duta Besar Korsel Lee Song Deok menuturkan, PBB menyadari pentingnya penanaman pohon dan pembangunan hutan sebagai cara efektif dan cepat untuk mengatasi krisis perubahan iklim.

Sejak akhir April, Kemenlu Korsel telah mengkampanyekan penanaman pohon virtual di dunia metaverse, yang kemudian terhubung dengan penanaman pohon secara nyata untuk menarik perhatian dan rasa solidaritas masyarakat dunia terhadap krisis iklim yang menjadi tantangan global, salah satunya yang dilakukan di Eks TPA Pondok Rajeg Cibinong Kabupaten Bogor.

“Lokasi ini dulunya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Akan tetapi perusahaan, Pemkab Bogor dan masyarakat setempat berusaha dan berupaya dalam merestorasi lokasi yang dulunya terbengkalai ini menjadi hutan. Ini merupakan contoh bahwa dengan upaya bersama, kita dapat memulihkan lingkungan hidup disekitar kita,” jelasnya. BIG

Facebook Comments Box