advertisements
advertisements
JABAR MagzRegional

Pemkab Garut Segera Bentuk Satgas Penanganan Kekeringan

×

Pemkab Garut Segera Bentuk Satgas Penanganan Kekeringan

Sebarkan artikel ini
Bupati Garut Rudy Gunawan. (dok. istimewa)

Dalam upaya mengantisipasi fenomena terkait Suhu Muka Laut (SML) yang terjadi di Samudera Pasifik, yaitu fenomena El Nino, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut segera membentuk Satgas Penanganan Kekeringan.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, satgas ini nantinya akan efektif hingga tingkat kecamatan.

“Saya akan melakukan rapat melalui zoom diikuti oleh beberapa desa atau kepala desa yang masuk dalam Peta Kekeringan Tingkat I dan II,” ujarnya saat memimpin apel gabungan terbatas di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda), Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (19/6/2023).

Menurut Rudy, Kekeringan Tingkat I dan Tingkat II merupakan tingkat kekeringan yang ekstrim, dengan masalah kekeringan ini merupakan hal yang menyangkut kemanusiaan terutama dalam penyediaan air bersih.

Pemkab Garut juga akan segera melakukan langkah-langkah untuk bisa memberikan perlindungan, terutama untuk kebutuhan air dalam kepentingan rumah tangga.

“Kalau untuk kepentingan produksi, saya kira sudah tidak lagi di daerah sati dan dua, tapi kalau untuk produksi mungkin kita lakukan di daerah Zona 4 dan Zona 5,” jelasnya. BIG

 

Facebook Comments Box