Pemkot Bekasi dan Banmus DPRD Kota Solok Bahas Sinkronisasi

Kunjungan kerja Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Solok ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. (dok. humaskotabekasi)

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Solok mengunjungi Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dalam rangka kunjungan kerja terkait sinkronisasi penjadwalan kegiatan pemerintah daerah dengan rencana kerja DPRD di Pressroom Humas, pada Selasa (16/5/2023).

Pimpinan rombongan sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng menjelaskan pada sambutannya maksud dan tujuan datang ke Kota Bekasi.

“Terima kasih atas penerimaannya di Kota Bekasi, kedatangan kami ingin menanyakan tentang cara dari Pemerintah kota mempersiapkan jadwal antara DPRD dan pemerintah mengingat cukup padat jadwal antara keduanya,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bekasi Lia Erliani memberikan sambutan didampingi jajarannya.

“Berkaitan dengan tujuan, sebenarnya harus ada sinergitas dan harmonisasi antara eksekutif dan legislatif sehingga tidak ada kendala yang signifikan seperti LKPJ hingga penjadwalan,” jelasnya.

Lia menambahkan, saat ini pihaknya sudah melakukan pembahasan terkait laporan pertanggungjawaban karena sudah menggunakan tim pansus.

“Untuk penjadwalan sudah kami bentuk sedemikian rupa sehingga jadwal DPRD juga harus menyesuaikan dan sudah dipersiapkan terlebih dahulu seperti bahan-bahan apa saja yang ingin dibahas misalkan perangkat daerah terkait indikator kinerja, capaian  dan sebagainya,” tuturnya.

Setiap target capaian perangkat daerah memiliki tanggung jawab melaksanakan indikator utama, tapi tetap bertanggung jawab dengan indikator masing-masing dan dipantau langsung oleh para anggota dewan di Kota Bekasi

“Yang terpenting harus dibangun adalah komitmen bersama antara eksekutif maupun legislatif dalam hal ini LKPJ, karena laporan ini merupakan tanggung jawab yang harus disampaikan,” ungkapnya.

Mungkin disini salah satu peran yang membantu komunikasi adalah sekretariat dewan yang banyak membantu dalam hal komunikasi yang intens antara Bagian Tata Pemerintahan dengan Sekretariat DPRD dalam hal fasilitasi bahan yang diminta Pansus dalam hal pembahasan LKPJ.

Acara dilanjutkan dialog interaktif, foto bersama dan penyerahan cinderamata antara Pemkot Bekasi dengan DPRD Kota Solok. BIG

 

Facebook Comments Box