advertisements
advertisements
JATENG MagzRegional

Pemkot Salatiga Akan Gelar Festival Indonesia Raya

×

Pemkot Salatiga Akan Gelar Festival Indonesia Raya

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Sinoeng N. Rachmadi saat jumpa pers dengan media menjelaskan Hari Jadi Kota Salatiga di Kantor Wali Kota, pada Jumat (7/7/2023). (dok. jatengprov.go.id)

Pemerintah (Pemkot) Kota Salatiga di Provinsi Jawa Tengah akan menggelar Festival Indonesia Raya pada Peringatan Hari Jadi Kota Salatiga ke-1273 Tahun 2023 pada 25-27 Agustus 2023.

Festival ini akan diikuti oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dari seluruh Indonesia.
“Di ulang tahun ini, hampir sama dengan tahun sebelumnya sebagai satu acara untuk melibatkan masyarakat di dalam Peringatan Hari Jadi, tapi yang berbeda dan unik adalah Festival Indonesia Raya, karena tahun kemarin tidak ada,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Sinoeng N. Rachmadi dalam jumpa pers dengan media di Kantor Wali Kota, Jumat (7/7/2023).
Dalam hal ini, lanjutnya, akan menghadirkan tamu undangan dari provinsi dan labupaten/kota dari seluruh Indonesia, dengan menampilkan seni budaya lokal atau daerah asal, juga gastronominya, dan makanan khasnya sebagai produk unggulan.

Selain festival ini, peringatan Hari Jadi Kota Salatiga juga akan dimeriahkan dengan gelaran Great Sale, pemberian diskon bagi Pelanggan PDAM, dan Pameran Inovasi Tingkat Provinsi seperti pada tahun sebelumnya. Kegiatan ini akan melibatkan seluruh SKPD Pemkot Salatiga.
“Untuk Peringatan hari jadi Kota Salatiga tidak ada anggaran secara khusus melainkan gotong royong, di antaranya Disbudpar, Diskominfo, Prokompim, Bakesbangpol, Satpol PP dan lainnya termasuk teman-teman BUMD sesuai dengan bidang masing-masing dalam menyelenggarakan event untuk dan demi hari jadi. Seluruh SKPD turut berpartisipasi juga,” jelasnya.
Selain itu, Sinoeng juga akan membuat kajian dengan Dinas Perhubungan Kota Salatiga untuk ASN agar menggunakan angkutan umum saat berangkat kerja.
“Ada kajian dan membutuhkan kecermatan berlalu lintas. Hal ini saya koordinasikan kepada Dinas Perhubungan Kota Salatiga,” ungkapnya.

Menurut Sinoeng, kalau setiap ASN tidak menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan dinas setiap tanggal 24 atau pas hari Humat saja, termasuk pengkajian parkir satu lajur di jalan Sukowati dan rekasa lalu lintasnya seperti apa, nanti akan ada uji cobanya terlebih dulu.
Sementara itu, Sekda Kota Salatiga Wuri Pujiastuti menambahkan, akan ada pemecahan rekor Muri dalam peringatan HUT Salatiga tahun 2023.
“Dalam perayaaan HUT Kota Salatiga ke-1273, akan diadakan pemecahan rekor Muri, tahu tertebal ukuran 1 meter x 1 meter dan makanan berbahan baku kedelai,” jelasnya.

Hal ini ditampilkan untuk memeriahkan dan agar berbeda dengan yang lain. Saat ini, alat pembuatannya sudah di cek dan siap.

“Dalam kesempatan ini Menteri Koperasi dan UKM RI rencana juga akan hadir dalam event tersebut,” tutur Wuri. BIG

Facebook Comments Box