advertisements
advertisements
Regional

Pemkot Samarinda Beri Penghargaan Gender Champion dan Perempuan Berjasa

×

Pemkot Samarinda Beri Penghargaan Gender Champion dan Perempuan Berjasa

Sebarkan artikel ini
Puncak Peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kota Samarinda. (dok. samarindakota.go.id)

Apresiasi luar biasa dari Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, dalam puncak Peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kota Samarinda diberikan penghargaan Gender Champion sebanyak 10 orang dari berbagai bidang kategori dan Perempuan Berjasa sebanyak 10 orang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Samarinda di Hotel Bumi Senyiur dirangkai pula agenda utama Upacara PHI ke-95 tahun 2023 dengan Pemimpin Upacara Wali Kota yang diwakilkan Asisten I Ridwan Tasa.

Sementara itu, Komandan Upacara Camat Samarinda Kota Anis Siswantini, Pembaca Sejarah Ketua TP PKK Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun dan Pembaca Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DWP kota Samarinda Sulastri Ridwan Tasa.

Sebelum upacara terlebih dahulu dilaksanakan talkshow dan penampilan Sandima (Sandiwara Mamanda), pembacaan puisi oleh kepala DP2PA Ibnu Araby, persembahan tarian hingga agenda tambahan penghargaan Gender Champion dan Perempuan Berjasa.

“Perayaan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 ini memberikan sebuah nilai yang sangat berarti dan mampu menginspirasi perempuan untuk terus mencintai dirinya sendiri juga mengembangkan daya cipta, kreativitas tanpa batas membangun negeri, sekaligus semakin menggelorakan semangat dan daya juang membangun Indonesia yang lebih adil dan sejahtera, terutama di Kota Samarinda,” ujar Wali Kota dalam sambutan yang dibacakan Asisten.

Apalagi seperti dilihat saat ini telah banyak peran serta dari perempuan dalam meningkatkan roda perekonomian dan taraf hidup keluarga, serta aktif di berbagai organisasi.

Dia meminta kepada seluruh perempuan di Kota Samarinda agar dapat meningkatkan kapasitas, kompetensi dan prestasinya serta berani bersuara untuk menentukan arah kebijakan dan tujuan.

“Perempuan harus saling Bersatu, membantu dan saling menginspirasi, saat ini adalah waktunya bagi perempuan untuk memberi warna tersendiri bagi pembangunan di Kota Samarinda,” katanya.

Dia menyatakan, Peringatan Hari Ibu dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada semua pihak untuk terus mendukung perempuan dan menyadari peran mereka dalam mencapai kemajuan Indonesia.

Ridwan Tasa juga mengingatkan kepada semua atas jasa-jasa ibu sehingga apa yang diraih saat ini tidak lain adalah atas jasa dari ibu.

“Semoga hari ibu hari ini, benar-benar menghilangkan rasa sombong dan angkuh di dalam diri kita. Bahwa keberhasilan kita saat ini, tidak lain dan tidak bukan adalah atas peran dan fungsi seorang ibu terhadap anaknya,” tuturnya.

Sementara itu, Ibnu Araby menambahkan pemilihan Gender Champion dan Perempuan Berjasa yang dimaksudkan untuk mencari kandidat pribadi, aktivis, atau lokoh masyarakat yang peduli akan perkembangan dan kemajuan pengarusutamaan gender dan mendorong atau memberikan kontribusi untuk pencapaian kesetaraan gender di Kota Samarinda.

Gender Champion dan Perempuan Berjasa bertujuan sebagai bentuk apresiasi kepada perempuan atas peran, dedikasi dan kontribusinya kepada lingkungan dan masyarakat,” ungkapnya. BIG

 

Facebook Comments Box