advertisements
advertisements
JATENG MagzRegional

Pengelola Destinasi Wisata Diminta Audit Semua Wahana

×

Pengelola Destinasi Wisata Diminta Audit Semua Wahana

Sebarkan artikel ini

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo kembali melakukan pengecekan di sejumlah tempat menjelang mudik Lebaran 2023.

“Ini untuk memastikan masyarakat dapat merayakan Idulfitri dengan aman dan nyaman,” katanya di Solo.

Kali ini, Gubernur Ganjar mengecek jalan sepanjang Solo-Karanganyar dan sejumlah destinasi wisata di Tawangmangu.

Dari hasil pantauan di lapangan, kondisi jalan yang dilewati Gubernur Ganjar dari Solo menuju Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar cukup mulus, tidak ada kerusakan jalan parah di jalur itu.

“Tadi kami ngecek ya, sepanjang jalan antara Solo sampai ke Tawangmangu, jalannya relatif bagus. Mudah-mudahan tidak ada cuaca ekstrem ya, karena potensi longsor di sekitar Tawangmangu ini cukup tinggi,” jelasnya.

Gubernur Ganjar juga mengecek dua destinasi wisata yang kemungkinan akan ramai dikunjungi masyarakat saat libur Lebaran 2023.

Kedua lokasi yang dikunjungi Gubernur Ganjar adalah Taman Balekambang dan Grojogan Sewu di Kabupaten Karanganyar.

Di tempat itu, dia mengecek kesiapan pengelola menyambut wisatawan saat libur Lebaran.

Sejumlah hal dicek Ganjar dengan lebih rinci,  misalnya di destinasi wisata Grojogan Sewu.

Di tempat wisata alam ini, Gubernur Ganjar melihat masih kurangnya fasilitas tempat sampah, sehingga pengunjung membuang sampah sembarangan.

“Ini ditambah ya mas, biar pengunjung tidak buang sampah sembarangan. Terus diedukasi pengunjungnya juga,” ungkapnya.

Di tempat itu, Gubermur Ganjar juga mengecek sejumlah wahana permainan. Ada tempat swafoto, permainan anak, dan lainnya.

“Saya ingatkan kepada semua pengelola pariwisata, tolong diaudit venue-venue, dengan permainan itu sering dipakai. Umpama tempat-tempat selfie, pastikan kokoh. Lalu ada kayak flying fox begitu, di audit dulu dan dipastikan aman. Jembatan-jembatan yang menyeberang sungai-sungai pastikan aman,” jelasnya.

Menurut Gubernur, hal itu penting agar para wisatawan bisa berlibur dengan tenang. Keamanan mereka terjamin karena venue sudah diaudit, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Jadi kepada semua pengelola wisata, saya minta semuanya siap. Audit sekarang dan pastikan aman, sehingga nanti pada saat libur Lebaran, terus banyak yang piknik begitu, mereka bisa aman,” tuturnya. BIG

Facebook Comments Box