Plt Wali Kota Bekasi dan Kepala Daerah Se-Jabar Tandatangani Naskah Kesepakatan Komponen Pendanaan Bersama Pilkada 2024

Ketika menandatangani Naskah Kesepakatan Bersama Tentang Komitmen Pendanaan Bersama pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, Rabu (21/6/2023). (dok. humaskotabekasi)

Bertempat di Aula Gedung Sate, Kota Bandung, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, bersama dengan Kepala Daerah se-Provinsi Jabar menandatangani Naskah Kesepakatan Bersama Tentang Komitmen Pendanaan Bersama pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, Rabu (21/6/2023).

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto hadir dan tandatangani naskah kesepakatan bersama tersebut.

Naskah kesepakatan bersama berisikan Pemerintah Provinsi (Pemprov Jabar) akan mendanai tujuh komponen Pilkada 2024 dari total sembilan komponen yang ada, sehingga Pemerintah Kota/Kabupaten se- Jawa Barat hanya mendanai dua komponen yang tersisa.

Hal tersebut selaras disampaikan Gubernur Ridwan Kamil bahwa Pilkada 2024 serentak di Jabar dibiayai bersama oleh pemprov dan pemerintah kabupaten/kota dimana dari sembilan komponen pembiayaaan Pilkada, pemprov memutuskan untuk mengambil alih tujuh komponen.

Sebanyak dua komponen lainnya dibiayai oleh Pemda setempat, sehingga pemprov mengeluarkan sekitar Rp700 miliar dengan perkiraan anggaran untuk kabupaten/kota rata-rata ada mulai dari Rp30 miliar dan tidak lebih dari Rp100 miliar.

Ridwan Kamil juga berharap agar masing-masing kabupaten/kota di Jabar dapat menggugah partisipasi para pemilih untuk menyumbangkan hak pilihnya dengan sosialisasi dan edukasi yang tepat kepada masyarakat.

“Berikan informasi tentang pilkada kepada masyarakat dengan tepat, ajak dan tingkatkan partisipasi mereka untuk gunakan hak pilihnya nanti, lakukan langkah-langkah preventif akan penyebaran hoax, sehingga tidak timbul pemahaman yang misleading di tengah-tengah masyarakat,” jelas Ridwan Kamil.

Dia berharap para kepala daerah menjadikan Pilkada sebagai pesta demokrasi yang bersih dan jujur dan bisa dinikmati dengan gembira oleh masyarakat.

Sementara itu, Plt Wali Kota Bekasi menanggapi baik kesepakatan pendanaan bersama Pilkada 2024 tersebut.

“Kita secara komitment semarakan pesta demokrasi secara aman nyaman dan kondusif, semoga semua dapat berjalan dengan lancar,” ujar Tri. BIG

Facebook Comments Box