Uji Coba One Way Jalur Sicincin-Bukittinggi Resmi Dimulai

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi saat meresmikan uji coba jalur satu arah (one way) Sicincin ke Bukittinggi. (dok. sumbarprov.go.id)

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) melakukan uji coba jalur satu arah (one way) Sicincin ke Bukittinggi pada Sabtu (8/4/2023) pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Gubernur Sumbar Mahyeldi melepas secara resmi acara uji coba tersebut dengan menggunakan bendera.

Sebelum melakukan uji coba, Mahyeldi menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan kajian dengan seluruh stakeholder terkait, seperti Dinas Perhubungan baik di provinsi maupun kabupaten, serta Ditlantas Polda Sumbar.

Menurut Mahyeldi, uji coba ini dilakukan untuk mengatur dan mengendalikan lalu lintas antara Padang-Bukittinggi, terutama untuk mengurangi kepadatan di jalur tersebut.

Alhamdulillah, kita mulai hari ini uji coba untuk pengaturan pengendalian lintas Padang-Bukittinggi. Jalur yang padat itu, Padang-Bukittinggi akan berkurang waktu tempuhnya, ini juga untuk mengantisipasi lonjakan perantau yang pulang kampung,” katanya.

Mahyeldi berharap, dengan uji coba ini, dapat memberikan manfaat dan memberikan pelayanan yang lebih baik dan aman bagi pengguna jalan raya.

“Kami berharap pengendara mematuhi apa yang sudah diarahkan. Ini untuk kebaikan kita semua,” ujarnya.

Sebelum uji coba dimulai, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Jaya menjelaskan, kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang sudah dialihkan ke jalur Malalak agar tidak bertabrakan dengan kendaraan dari bawah (Sicincin-Bukittinggi).

Sejumlah petugas dari tim gabungan juga disiagakan di Simpang Tiga Sicincin, Padang Pariaman.

“Dimulai jam 12.00 WIB, tapi untuk kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang sudah kita stop dan dialihkan ke jalur Malalak agar tidak bertabrakan dengan kendaraan dari bawah (Sicincin-Bukittinggi),” jelas Hilman Jaya.

Dia berharap, dengan dilakukannya uji coba one way, jalur Sicincin-Bukittinggi ini, dapat memberikan pelayanan mudik yang lebih baik dan aman bagi pengguna jalan raya, serta membantu mengurangi kepadatan di jalur Padang-Bukittinggi. GBM

 

Facebook Comments Box