advertisements
advertisements
JABAR MagzRegional

Wagub Garut Ajak Masyarakat Ikut Bersihkan Situ Bagendit

×

Wagub Garut Ajak Masyarakat Ikut Bersihkan Situ Bagendit

Sebarkan artikel ini
Ketika Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman memantau pengerukan Situ Bagendit yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Jumat (26/5/2023). (dok. jabarprov.go.id)

Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman melakukan pemantauan langsung pengerukan Situ Bagendit yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Jumat (26/5/2023).

Menurutnya, pengerukan ini sudah dilaksanakan sejak hari Sabtu kemarin, sehingga kurang lebih satu setengah hektare Situ Bagendit sudah mulai bersih setelah dilakukan pengerukan selama enam hari.

Kan 50 hektare ini yang tertutup. Nah, dari 100 hektare lebih, jadi 100 hektare Situ Bagendit ini setengahnya tertutup oleh eceng gondok dan teratai,” katanya.

Helmi menjelaskan, diperlukan waktu sekitar 150 hari untuk bisa membersihkan 50 hektare Situ Bagendit.

Maka dari itu, dia mengimbau serta mengajak kepada masyarakat sekitar maupun pecinta lingkungan untuk dapat bersama-sama ikut membersihkan Situ Bagendit.

“Hari ini pun saya lihat tadi dari TNI Polri sudah turun, kemudian dari Tagana, dari PMI, Pramuka, sudah pada turun ke sini walaupun mungkin dari nelayan, masyarakat setempat di sini sudah pada turun,” ungkapnya.

Helmi menuturkan, saat ini pengelolaan Situ Bagendit dilaksanakan dengan kerja sama antara pemerintah daerah dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung.

Untuk airnya sendiri dikelola oleh BBWS Cimanuk Cisanggarung dan untuk objek wisata dikelola oleh pemerintah daerah.

“Jadi memang ini kolaborasi bagaimana mengelola Bagendit ini yang semua kita saksikan memang kita lihat eceng gondok setengahnya,” tegasnya.

Helmi menuturkan, pihaknya juga berencana untuk menjadikan sisa eceng gondok yang telah dikeruk akan diolah menjadi pukpuk kompos.

“Tadinya saya berpikir untuk kerajinan ya, tapi ternyata memang jenis ecengnya itu pendek-pendek ukurannya. Jadi kalau untuk kursi kan yang panjang-panjang gitu kan. Oleh karena itu yang baru kita Inshaallah dilakukan itu nanti adalah dijadikan sebagai kompos aja,” tuturnya.

Pemeirntah kabupaten (Pemkab) Garut akan terus melakukan upaya pembersihan Situ Bagendit, dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang melibatkan semua komponen termasuk masyarakat.

“Makanya, kita undang semua yang peduli terhadap Bagendit, terhadap lingkungan, ayo kita bareng-barenglah, sama-sama,” ujarnya. BIG

 

 

Facebook Comments Box