RegionalSUMATRA MagzTransportasi

Arus Trafik Penyeberangan Nataru 2023/2024 Lintas Bakauheni – Merak Naik 20%

×

Arus Trafik Penyeberangan Nataru 2023/2024 Lintas Bakauheni – Merak Naik 20%

Sebarkan artikel ini
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pada akhir pekan lalu. (dok. asdp.id)

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pada akhir pekan lalu.

Kunjungan Gubernur itu untuk memastikan kesiapan sarana prasarana penyeberangan dan pelabuhan pada arus Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024).

Posko Data Cabang Bakauheni mencatat pada Jumat (29/12/2023) atau H+3, trafik penyeberangan di lintas Bakauheni – Merak yang menghubungkan Pulau Sumatra dan Jawa terpantau ramai lancar dengan kenaikan total jumlah kendaraan mencapai 28%.

“Total seluruh kendaraan tercatat 7.887 unit yang telah menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni pada H+3 atau naik 28%. Meskipun terlihat terjadi kenaikan jumlah penumpang, namun arus terpantau ramai mengalir dan terkendali,” tutur Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Harry MAC saat mendampingi Gubernur Lampung.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Arinal menyampaikan apresiasi dan juga arahan kepada ASDP sebagai operator bahwa dalam menghadapi layanan Angkutan Natal dan persiapan jelang Tahun Baru, tidak hanya kesiapan prasarana dan sarana kapal penyeberangan, tetapi pelayanan secara keseluruhan yang berorientasi pada keselamatan.

“Para penumpang, jangan hanya memikirkan keselamatan dirinya sendiri tetapi juga penumpang lainnya. Mohon juga diperhatikan unsur kesehatan, tidak hanya armada kapal, tetapi kesehatan para penumpang, dan juga kendaraan yang digunakan,” ujarnya.

Untuk arus Natal dan Tahun Baru ini, yang menjadi perhatian di Merak dan Bakauheni. ASDP lebih konsen di lintasan ini karena menjadi penyeberangan yang memiliki potensi besar.

“Apapun itu situasinya, pengguna jasa harus kita layani dengan baik. Terlebih lagi penyeberangan ini khusus melayani penumpang dan juga pengangkutan logistik yang diperlukan masyarakat,” jelas Gubernur Arinal Djunaidi.

Dalam kunjungan ini, Gubernur meninjau pemantauan sejumlah titik layanan di Pelabuhan Bakauheni, dermaga eksekutif, dan Bakauheni Harbour City (BHC).

Turut hadir dalam kunjungan, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Edwin Rusli, Kolonel Inf Enjang, S.I.P. Kasrem 043/Gatam, Wadirlantas Polda Lampung AKBP Muhammad Ali, Kepala Dinas Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo, dan Kepala BPTD Lampung Bambang Siswoyo. BIG

Facebook Comments Box