advertisements
advertisements
JABAR MagzRegional

Bupati Garut Sampaikan Nota Pengantar LKPJ 2022

×

Bupati Garut Sampaikan Nota Pengantar LKPJ 2022

Sebarkan artikel ini
Saat Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut Masa Sidang I Tahun 2023. (dok. garutkab.go.id)

Bupati Garut Rudy Gunawan didampingi Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut Masa Sidang I Tahun 2023.

Kegiatan tersebut dengan agenda Penyampaian Nota dan Pembentukan Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Akhir Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Garut (27/3/2023).

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut menyampaikan beberapa hal, salah satunya terkait dengan capaian prioritas pembangunan daerah tahun 2022 yang terbagi ke dalam delapan poin.

Prioritas itu di antaranya penurunan angka kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja, peningkatan dukungan kehidupan beragama, budaya gotong-royong, ketentraman, ketertiban, serta politik dan demokrasi.

Kemudian peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan, keluarga berencana, kesetaraan gender, dan pemenuhan hak anak serta pemuda dan olahraga, selanjutnya peningkatan kualitas infrastruktur secara merata, peningkatan nilai tambah ekonomi sektor pertanian, industri, perdagangan, pariwisata, dan jasa produktif lainnya.

Lalu peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pengurangan risiko bencana, peningkatan pelayanan publik dan kinerja aparatur hingga peningkatan investasi dan pendapatan daerah.

Dalam poin pertama yaitu terkait penurunan angka kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja, Rudy menjelaskan, didukung oleh 10 program dengan dukungan anggaran sebesar Rp26,82 miliar lebih dan terealisasi sekitar 98,88% melalui program perlindungan dan jaminan sosial, program rehabilitasi sosial, program pemberdayaan sosial, serta program peningkatan kesempatan kerja yang diimplementasikan dengan kegiatan padat karya.

Berkaitan dengan capaian implementasi janji kampanye yang direalisasikan di tahun 2022, bupati menyebutkan tiga di antaranya adalah bantuan untuk guru ngaji sebanyak 4.000 orang dengan dukungan anggaran sebesar Rp5 miliar dan penuntasan pembangunan sarana olahraga, serta seni budaya Ciateul melalui pembangunan Gedung Aquatic.

Selain itu, pembangunan Stadion Sepak Bola Tahap II, dan fasilitas olahraga lainnya dengan dukungan anggaran sebesar Rp41,49 miliar lebih, hingga pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak 87 unit dengan dukungan anggaran lebih dari Rp26,85 miliar.

Selain tiga poin tadi, ada sembilan poin lain yang tercantum dalam nota pengantar LKPJ Bupati Garut TA 2022.

Dalam paparan ini juga disampaikan terkait pendapatan daerah, di mana untuk tahun 2022 ini, Pemkab Garut menargetkan Rp4,67 triliun lebih, dengan angka yang dapat direalisasikan sebesar Rp4,62 triliun atau sekitar 99,06%.

Meskipun begitu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dianggarkan sebesar Rp484,4 miliar, sampai dengan akhir tahun anggaran 2022 dapat direalisasikan sebesar Rp486,03 miliar lebih atau 100,3%. BIG

Facebook Comments Box