advertisements
advertisements
JABAR MagzRegionalTransportasi

Jalan Tol Cisumdawu di Jabar Akan Beroperasi Penuh April 2023

×

Jalan Tol Cisumdawu di Jabar Akan Beroperasi Penuh April 2023

Sebarkan artikel ini
Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). (dok. istimewa)

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang ada di Provinsi Jawa Barat (Jabar) dipastikan beroperasi secara penuh pada April 2023.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, Jalan Tol Cisumdawu akan terhubung dari Bandung hingga ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati Majalengka pada 15 April 2023.

“Satu berita baik lagi yang sempat saya sampaikan ke rekan media, itu adalah berfungsinya Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu dari Bandung ke Kertajati,” katanya saat Konferensi Pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Menurut Menhub, beberapa ruas Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi secara fungsional pada April. Ada kemungkinan juga beroperasinya mundur sehari atau dua hari dari 15 April 2023.

“Tentu policy tentang fungsional atau efektif ada di Kementerian PUPR, tapi fungsional hampir bisa dipastikan. Mungkin ada dinamika satu dua hari mundur,” ungkapnya.

Dengan beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu, Menhub berharap akses menuju Bandara Kertajati jadi semakin baik. Akhirnya, bandara yang sempat disebut ‘mati suri’ itu bisa kembali melayani penumpang.

“Apa hubungannya dengan Kemenhub? Kita tahu Kertajati selama ini relatif kurang mendapatkan trafik. Sejak awal Pak Presiden meminta kepada saya mendukung Kertajati jadi alternatif daripada penerbangan internasional,” tutur Budi Karya.

Keberadaan Jalan Tol Cisumdawu dapat mempersingkat perjalanan dari Bandung menuju Kertajati dan sebaliknya di Kabupaten Majalengka, yakni kurang lebih satu jam.

“Kita harapkan Bandara Kertajati akan semakin hidup, Jalan Tol Cisumdawu semakin ramai dan masyarakat di sekitar Subang yang akan menuju bandara atau sebaliknya semakin nyaman, karena aksesibilitasnya semakin mudah,” tutur Menhub.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menyatakan, akan ada 120 km jalan tol yang akan operasi fungsional selama mudik Lebaran tahun ini.

Beberapa tol yang bakal operasi fungsional itu, termasuk Jalan Tol Cisumdawu akan tersambung penuh setelah Seksi 4 dan Seksi 6 selesai dibangun pada April 2023.

“Mungkin yang terdekat adalah Seksi 4 Cisumdawu, Seksi 4, Seksi 5 dan Seksi 6. Kalau kita mau lihat sampai ujung nanti,” ungkap Danang kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/3/2023). B

Facebook Comments Box