advertisements
advertisements
BANTEN MagzRegional

Pemprov Banten Segera Tindak Lanjuti Rekomendasi BPKP

×

Pemprov Banten Segera Tindak Lanjuti Rekomendasi BPKP

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat menerima hasil evaluasi perencanaan dan penganggaran Pemerintah Daerah Tahun 2023 Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang. Kamis, (15/6/2023). (dok. bantenprov.go.id)

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menerima hasil evaluasi perencanaan dan penganggaran Pemprov Banten Tahun 2023 oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembanguan (BPKP) merupakan upaya optimalkan evaluasi kinerja perencanaan pembangunan.

Hal tersebut disampaikan oleh Al Muktabar usai menerima hasil evaluasi perencanaan dan penganggaran Pemerintah Daerah Tahun 2023 Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang. Kamis, (15/6/2023).

“Dalam kesempatan ini kita berupaya memperkuat proses pembangunan dengan mengevaluasi beberapa langkah agar ke depan lebih baik,” ungkapnya dalam situs bantenprov.go.id.

Al Muktabar menyatakan, Pemprov Banten telah melakukan beberapa sistem metodologi yang terus ditajamkan dalam segi indicator, sehingga perencanaan penganggaran yang diterapkan melalui proses penganggaran bisa disesuaikan dengan regulasi-regulasi yang berlaku.

“Dengan pedoman yang kita perbaiki bersama BPKP ini bertujuan untuk mencapai sasaran yang kita perlukan, melalui perbaikan dan penajaman indikator,” jelasnya dalam situs bantenprov.go.id

Al Muktabar menambahkan, tindak lanjut dari evaluasi ini difokuskan pada program pembangunan yang berbasis masyarakat, sehingga bisa menciptakan pembangunan dari sektor terkecil di masyarakat.

“Kita terus mengoptimalkan agenda inti seperti mendukung program stunting yang ke depannya kita sesuaikan secara detail perencanaannya,” ungkapnya.

Rencana aksi atau tindak lanjut ini, dikatakan Al Muktabar, ditargetkan secepat mungkin berkolaborasi dengan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tentu nantinya kita mampu mengendalikan APIP sesuai kebutuhan, dan juga kita memastikan langkah perencanaan pelaksanaan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPKP Provinsi Banten Farid Firman mengapresiasi atas metodologi yang diterapkan Pemprov Banten dalam merencanakan Pembangunan.

Namun, lanjutnya, mengenai program dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan perlu diawasi pemanfaatannya sehingga pembangunan itu bisa sampai ke masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada Pemprov Banten yang terus melakukan upaya perencanaan pembangunan yang terus dimaksimalkan pelaksanaannya, dan mungkin peran kita sebagai pengawas sangat dibutuhkan sebagai pengawasan intern dalam membantu mencapai tujuan pembangunan,” tuturnya.

Farid mengatakan, akan terus berkolaborasi dengan Pemprov Banten untuk melakukan pembinaan agar perencanaan yang direkomendasikan mampu dilaksanakan dengan baik.

“Kami pun siap melakukan pembinaan agar ke depannya Pemprov Banten bisa lebih baik dari ini tentunya dengan kompetensi yang terus di tingkatkan bersama,” tuturnya. BIG

 

 

Facebook Comments Box