advertisements
advertisements
JATENG MagzJOGJA MagzRegional

Sebanyak 950 Penari di Kota Yogyakarta dan Solo akan Peringati Hari Tari Dunia

×

Sebanyak 950 Penari di Kota Yogyakarta dan Solo akan Peringati Hari Tari Dunia

Sebarkan artikel ini
Puluhan penari bersiap untuk berlatih dalam rangka Solo Menari 2023. (dok. beritabig)

Ada sebanyak 950 penari dari Kota Yogyakarta dan Kota Solo akan memeriahkan atraksi menari dalam pagelaran Jogja Joged 2023 dan Solo Menari 2023.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh sedikitnya 500 orang penari dari Kota Solo dan sekitar 450 penari di Kota Yogyakarta pada Sabtu, 29 April, sekaligus memperingati Hari Tari Dunia.

Acara Solo Menari 2023 akan digelar mulai pukul 07.00 WIB di Koridor Ngarsopuro Jalan Slamet Riyadi Solo dengan Tari Massal Bedhayan Naradipta.

Kemudian, pada pukul 13.00 WIB menari Ramayana Pasar Gedhe di Pasar Gede Hardjonagoro, lalu sekitar pukul 14.30 WIB, Kauman Menari, Fashion & Dance di Kampung Wisata Batik Kauman.

Ada juga Modern Dance Performance mulai pukul 16.00 di Paragon Mall, ada juga gelar Tari Rakyat di Plaza Balaikota Surakarta pada pukul 19.00 WIB dan Urban Street Dance Performance pada pukul 21.00 WIB di Koridor Gatsu Solo.

Perempuan penari bersiap untuk berlatih untuk pagelaran Solo Menari 2023. (dok. beritabig)

Masyarakat dapat menyaksikan secara langsung maupun virtual melalui kanal Youtube Disbudpar Surakarta, Pariwisata Solo dan Gibran TV

Sejak diadakan pertama kali pada 2009, acara Solo Menari telah menjadi ajang berkumpulnya seniman dan koreografer nasional dan internasional.

Sementara itu, Pemerintah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemprov DIY) melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) atau Kundha Kabudayan DIY mendukung sepenuhnya solidaritas seniman tari dalam pagelaran Jogja Joged 2023 dalam rangka memperingati Hari Tari Dunia.

Para penari lintas generasi dari kabupaten/kota se-DIY dan seniman mancanegara antara lain Jepang, Ekuador dan Jerman ini bakal bersedekah tarian dengan mengusung tema kearifan lokal.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY Dian Lakshmi Pratiwi, dalam Joged 2023 akan diadakan Sarasehan Ngomong Joged dari Tari Menyapa Dunia.

Selanjutnya Jogja Joged 2023 yang mengangkat salah satu kesenian rakyat Kulonprogo, yaitu Tari Angguk di Taman Budaya Kulonprogo pada Sabtu (29/4/2023) pukul 12.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Kedua rangkaian kegiatan tersebut gratis bagi umum dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube tasteofjogja dan Joged Official. BIG

 

Facebook Comments Box