advertisements
advertisements
BANTEN MagzRegional

Teknologi Tepat Guna Berdayakan Masyarakat Banten

×

Teknologi Tepat Guna Berdayakan Masyarakat Banten

Sebarkan artikel ini
Saat Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XVII Tingkat Provinsi Banten 2023 di Institut Teknologi Indonesia, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Selasa (9/5/2023). (dok. bantenprov.go.id)

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar membuka Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XVII Tingkat Provinsi Banten 2023 di Institut Teknologi Indonesia, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Selasa (9/5/2023).

Pageleran tersebut memfasilitasi promosi dan penyempurnaan inovasi bagi para inovator.

“Salah satu langkah dalam memberdayakan masyarakat adalah menggiatkan teknologi tepat guna,” ujar Al Muktabar.

Menurutnya, TTG adalah jawaban yang dirancang implementatif untuk digunakan masyarakat.

Al Muktabar menjelaskan, TTG tidak hanya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, tapi juga menyesuaikan perkembangan teknologi, karena TTGuntuk memberdayakan masyarakat.

TTG, lanjutnya, dalam rangka menambah nilai ekonomi untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Melalui Gelar Teknologi Tepat Guna, secara berjenjang, untuk kita menggunakan serta menginovasi Teknologi Tepat Guna,” ungkapnya dalam situs bantenprov.go.id.

Al Muktabar mengucapkan terima kasih kepada para inovator atas penggiatan yang dilakukan dan TTG menjawab kebutuhan masyarakat secara mudah dan murah.

Dalam laporannya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Banten Usman Asshidiqi Qohara mengatakan, Gelar Teknologi Tepat Guna untuk menyebarluaskan teknologi tepat guna, memperkenalkan jenis teknologi tepat guna kepada masyarakat, serta sebagai persiapan menjaring peserta Gelar TTG tingkat Nasional dari Provinsi Banten.

Sebagai informasi, terdapat tiga kategori yang dilombakan, yaitu kategori Inovasi TTG, TTG Unggulan, dan Posyantek yang berprestasi.

Masing-masing kategori, juara pertamanya akan dilombakan ke tingkat Nasional di Provinsi Lampung.

Para peserta atau perwakilan merupakan juara TTG di tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

Kategori Inovasi dari Kabupaten Serang Ratu Naula Salsabila Inovasi yang dilombakan Alat Penghasil Air Demin dan Air AC, Kabupaten Tangerang H. Juhdi Tembela Kembar untuk penanaman tanaman Ekonomi, dan Rifki Muhida alat inovasi yang dilombakan Automation Guide Delivery Robot (Autobot).

Selain itu, Kota Tangerang Selatan Enjerika Kristifani dan Tim dengan alat inovasi Bata Roster Berbahan paper slide, Ahmad Noor Idham dan Tim akat inovasi Manggot Rumah, Aqila Afaaf Azizah Salsa dan Tim Alat Inovasi Aplikasi Asesmen Matematika terstruktur,

Ada juga Kabupaten Pandeglang Misda dengan Alat inovasi Antena TV Digital dan Peserta dari Kota Cilegon Salman dengan Alat Inovasi yang dilombakan Tungku Sangkrah (alat pengolah sampah), Amrizal Termoform (Alat pencetakan kemasan serbaguna), serta Sri Mulia alat inovasi Tobong Sepakat (Alat pengolah sampah berbagai manfaat).

Untuk Kategori TTG Unggulan dari kabupaten Serang Roihan Najat dengan alat inovasi Mesin Peleleh Plastik berbasis tenaga listrik, Kabupaten Tangerang Fanji Fathurrahman dengan alat inovasi Audio Feeder VVA Wahaji (Wanakerta Handal dan Teruji),

Kemudian, Tangerang Selatan Muhammad Fahri dan Tim dengan alat mesin pencacah daun, serta Diandra Aila Rizqita dengan alat inovasi Pemanfaatan Banjir menjadi air bersih dan peserta dari Kota Cilegon Wahyudi dengan alat inovasi Pelipur Lara (Pengelolaan limbah RPH).

Kategori lomba Posyantek berprestasi dari Kota Cilegon, yaitu Posyantek Semangat Bina Lingkungan dari Kelurahan Gedong Dalem, Posyantek Mekar Abadi dari Kelurahan Mekarsari, Posyantek Sepakat dari Kelurahan Purwakarta, Posyantek Tangguh dari Kelurahan Sukmajaya dan Posyantek Amin dari Kelurahan Panggung Rawi. BIG

Facebook Comments Box