advertisements
advertisements
Regional

Transportasi Jadi Pemicu Inflasi Terbesar di Maluku

×

Transportasi Jadi Pemicu Inflasi Terbesar di Maluku

Sebarkan artikel ini
Kota Ambon di Provinsi Maluku. (dok. wikipedia.org)

Gubernur Maluku Murad Ismail mengungkapkan sektor transportasi menjadi pemicu inflasi terbesar di Provinsi Maluku, karena wilayahnya terdiri atas kepulauan menyebabkan biaya pengangkutan antarpulau menjadi mahal.

Di Maluku ada 1.340 pulau dan akses transportasi biasanya menggunakan kapal atau pesawat sementara fiskal kita kecil,” katanya di Ambon.

Murad mengemukakan hal itu pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) dengan tema “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional”.

Murad menjelaskan untuk tiket pesawat dari Ambon ke Jakarta sebelum ada kerja sama dengan Pemprov Maluku kelas ekonomi mencapai Rp4 juta dan kelas bisnis Rp14 juta.

“Belum lagi penerbangan perintis dari Ambon ke Langgur, Saumlaki dan lainnya bisa Rp2,5 juta sekali jalan,” ujarnya.

Akhirnya Pemprov Maluku bekerja sama dengan maskapai agar harga tiket bisa ditekan lebih terjangkau sehingga biaya transportasi menjadi lebih murah.

Sementara, lanjutnya, kalau di provinsi lain yang ada di Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatra kalau pengangkutan ada jalan tol sehingga biaya transportasi menjadi lebih murah.

“Di Maluku ada 1.340 pulau, semua lewat laut menyebabkan inflasi dan kemiskinan jadi tinggi, sementara APBD nilainya kecil,” jelasnya.

Murad berharap ini menjadi perhatian pemangku kepentingan terkait agar ke depan inflasi bisa dikendalikan, sehingga pertumbuhan ekonomi bisa meningkat.

Pada sisi lain, dia menyampaikan makro pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku pada Triwulan/III Tahun 2023 tumbuh kuat sebesar 5,69% dan angka pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 4,94% .

Oleh karena itu, dia menekankan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan terutama pertanian dan perikanan melalui peningkatan nilai tambah dan saing komunitas perlu dilakukan untuk terus menggenjot perekonomian.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Maluku terus mendorong investor untuk berinvestasi di sektor pariwisata salah satunya, yaitu Pulau Banda dengan melakukan event menarik berbasis kearifan lokal guna meningkatkan kunjungan wisata luar negeri di wilayah itu. BIG

Facebook Comments Box