advertisements
advertisements
JATENG MagzRegional

Gerakan Pangan Murah Pemprov Jateng Ikut Tekan Harga

×

Gerakan Pangan Murah Pemprov Jateng Ikut Tekan Harga

Sebarkan artikel ini
Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Tengah (Jateng) Dadang Hardiwan menyampaikan catatan inflasi Provinsi Jateng. (dok. jatengprov.go.id)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengalami inflasi di bulan Juni sebesar 0,03%.

Secara Month to Month (M to M), catatan inflasi di Jateng semakin menurun dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Hal ini terungkap saat rilis online BPS Jateng, yang dipimpin Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Tengah Dadang Hardiwan, Senin (3/7/2023).

Dia mengungkapkan, sejumlah peristiwa memengaruhi catatan tersebut, di antaranya penyesuaian harga BBM non subsidi. Selain itu, Ggerakan Pangan Murah (GPM) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

“Inflasi bulan Juni 2023 lebih rendah daripada bulan Mei 2023. Pada Juni 2023 gabungan enam kota mengalami inflasi secara Month to Month mencatatkan inflasi 0,03%,” ujarnya dalam situs jatengprov.go.id.

Diungkapkan, data BPS Jateng mencatat, pada April 2023, inflasi mencapai 0,28%. Kemudian, pada Mei 2023, inflasi turun menjadi 0,22%.

Dadang menambahkan, catatan inflasi pada Juni 2023 pada 0,03%, lebih baik jika dibandingkan dengan kondisi Juni 2022. Pada saat itu, Jateng mencatatkan inflasi 0,85%.

Dia menyebutkan, beberapa komoditas yang ikut andil terhadap inflasi di Jateng, di antaranya daging ayam ras, nasi dengan lauk, gaji asisten rumah tangga, bawang putih, mobil, telur ayam ras, ayam goreng, semangka, dan obat dengan resep.

Di sisi lain, komoditas penahan inflasi atau deflasi adalah, bensin, bawang merah, tarif kereta api, perhiasan emas, cabai merah, tarif angkutan udara, daging sapi, air dalam kemasan, tomat, dan beras.

Inflasi di antaranya karena ada permintaan tinggi (daging ayam), ada peternak yang afkir dini, mahalnya pakan ternak.

Naiknya nasi lauk itu di antara penyumbang inflasi. Sementara itu, deflasi terjadi di antaranya karena harga Bahan Bakar Minyak (BBM) turun, terutama bensin jenis Pertamax dan Pertamax Turbo.

“Secara year on year atau periode Juni 2023-Juni 2022, menunjukan tren menurun pada Juni 2023 mencapai 3,18%, lebih rendah daripada Juni 2022 yang mencapai 4,97%,” ungkap Dadang.

Secara tahun kalender, inflasi gabungan enam kota IHK (Januari-Juni 2023) mencapai 1,34%. “Ini relatif aman untuk mencapai target inflasi 2023 yang di kisaran tiga persen plus minus satu.”

Seperti diketahui, Pemprov Jateng giat melakukan GPM. Pada minggu kelima Juni 2023, total telah ada 240 kali GPM yang dilakukan dari Januari. Bahkan, jika dihitung dari Desember 2022, maka total GPM yang tergelar mencapai 600 kali. BIG

 

Facebook Comments Box